Beranda » Program Keahlian » Teknik Furnitur

Teknik Furnitur

tfSekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang menyiapkan anak didik menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang profesional sesuai dengan keahliannya. Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) diselenggarakan untuk memasuki lapangan kerja atau mengikuti pendidikan keprofesian pada tingkat yang lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan tuntutan zaman pada saat ini yang mewajibkan seseorang harus memiliki pendidikan yang baik yang diikuti dengan kompetensi keahlian keprofesian.

SMKN 4 Jakarta adalah salah satu SMK yang siap menjawab tantangan itu. SMKN 4 selalu berusaha mempersiapkan anak didiknya dapat menjadi tenaga ahli yang memilki ketrampilan yang dapat diterima dilingkungan masyarakat pada umumnya dan industri pada khususnya.

Salah satu program kejuruan yang ada di SMKN 4 Jakarta adalah kejuruan Teknik furnitur. Pada dasarnya lulusan kejuruan Teknik Furnitur diharapkan dapat menjadi seseorang yang terampil dibidang desain dan aplikasi untuk pembuatan mebel, interior ruangan, dan bidang bangunan lainnya yang berbentuk aksesori atau kelengkapan bangunan (rumah) pada umumnya. Dengan ketrampilan dasar yang dimiliki siswa furnitur diharapkan juga siswa kedepannya dapat menjadi seorang pendesain yang selalu memberikan kekreatifan gagasan ide baru pada setiap produk yang dihasilkan.

Secara harafiah furnitur adalah semua bahan-bahan perabot/mebel rumah tangga atau perkantoran yang bahan dasarnya terbuat dari kayu dan bahan pendukung lainnya yang memiliki nilai fungsi dan keindahannya. Kompetensi yang diajarkan pada siswa teknik furnitur meliputi mata pelajaran adaptif, normatif dan produktif. Khusus untuk mata pelajaran produktif yang diajarkan di bengkel kerja, siswa akan diajarkan pendesainan mebel yang meliputi penggambaran rencana benda, melukis benda kerja, perhitungan kebutuhan bahan, pemilihan bahan yang baik dan lain-lain. Selain itu praktek siswa juga akan terfokus pada pembuatan mebel dengan penggunaan kayu bulat sampai dengan bahan jadi, seperti membuat sambungan konstruksi mebel seperti pintu, almari, kitchen set, dan yang lainnya sampai dengan tingkat akhir finishing mebel. Dengan alur kerja yang dibuat tersistematis ini diharapkan siswa nantinya akan siap terjun ke dunia kerja

X