Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Kesenian » Teater Kesenin – Teater 4 Wajah

Teater Kesenin – Teater 4 Wajah

Minggu 29 September 2019 merupakan hari terakhir pelaksanaan final festival teater pelajar tingkat provinsi DKI Jakarta. Tahun ini dengan bangga SMK Negeri 4 Jakarta dapat berpartisipasi sampai ditingkat final festival teater pelajar tahun 2019 yang dilaksanakan di Gedung Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki. Festival ini merupakan program tahunan dari Kementrian pariwisata dan kebudayaan provinsi DKI Jakarta dan pada tahun ini juga menjadi pelaksanaan pertama dimana para pesertanya di lombakan sampai ke tingkat provinsi. Pencapaian ini tentu tidak di raih dengan mudah, ada proses yang terjadi selama kurang lebih 6 bulan sebelum hari pementasan teater SMK N 4 Jakarta pada 27 September lalu,

Teater IKAITEM (Ikatan seni teater empat) yang kini berubah nama menjadi teater 4 wajah telah bertransformasi dengan signifikan dalam bidang seni pertunjukan ini, hal ini bisa terlihat dengan jumlah piala dan penghargaan yang diterima dalam kurun waktu 6 bulan terakhir yang sudah berjumlah 3 buah, 2 dari tingkat kota administrasi Jakarta Utara diantaranya ; Juara 1 FLS2N tingkat kota administrasi Jakarta Utara dan juara 3 Festival Teater Pelajar tingkat Kota administrasi Jakarta Utara. Selanjutnya 1 dari tingkat provinsi DKI Jakarta ; juara 2 FLS2N tingkat provinsi DKI Jakarta.

Selama kurang lebih 6 bulan berproses teater SMK N 4 Jakarta akhirnya dapat menunjukan eksistensinya dalam bidang seni pertunjukan teater, seni teater dikenal dengan kekompleksitasan yang tinggi dan menuntut kerjasama yang maksimal pada semua segment di dalamnya, pada tahun ini hal itu terbuktikan.

“CERITA TENTANG MATA MULUT DAN TELINGA DALAM SANDIWARA DUNIA” judul naskah yang selama 6 bulan terakhir telah menemani perjalanan teater 4 wajah dalam beberapa kompetisi dan event baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah, pementasan yang di sutradarai oleh penulisnya langsung, Ika Fityan Maulana membawa warna baru pada pementasan teater 4 wajah pada tahun ini, naskah yang mengangkat isu dan persoalan dunia pendidikan dan pengasuhan anak serta kondisi politik indonesia pada masa sekarang ini tampil berani dengan menyuguhkan kesederhanaan dalam penyajiannya. Di bina dan di dukung oleh Yudi Kardi S.n selaku pembina dari ekstrakurikuler Keseni4n, teater 4 wajah melangkah lebih jauh sampai mempengaruhi teman-teman lainnya untuk ikut terjun ke dunia kesenian teater.

Tak di pungkiri peran naskah dan pembangunan karakter merupakan point besar yang mempengaruhi keberhasilan pementasan ini, terbukti dari diraih nya penghargaan “naskah original terbaik” dan “aktor pria terbaik” pada Festival Teater Pelajar Jakarta Utara (FTPJU) yang di adakan di gedung PPSB Gelanggang Remaja Jakarta Utara pada 14 dan 15 September lalu.

Semua pencapaian dan penghargaan yang di dapatkan oleh teater 4 wajah tidak terlepas dari doa dan dukungan semua orang di baliknya. Memberikan kami kekuatan untuk terus melangkah maju dan menampilkan yang terbaik guna menyampaikan pesan yang ingin tersampaikan dari naskah yang kami bawakan, menyebarkan kebahagiaan pada setiap pasang mata yang menyaksikan pementasan kami.

Dan inilah persembahan dari kami. Teater 4 Wajah.

Tertanda penulis dan sutradara : Ika Fityan Maulana

Tinggalkan Balasan

X