Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2020 Tingkat SMK di DKI Jakarta

KIR 4, Jakarta – Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Tingkat Provinsi DKI Jakarta telah diselengarakan pada tanggal 26 Februari s.d 3 Maret 2020. Seluruh siswa-siswi yang terpilih mewakili sekolahnya akan saling berkompetisi untuk memperebutkan gelar juara dan mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam LKS Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan.

LKS tahun ini SMKN 4 Jakarta menjadi tuan rumah untuk kesekian kalinya diajang bergengsi  untuk tingkatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di DKI Jakarta.  Berbagai sekolah siap berpartisipasi untuk mendapatkan sang juara seperti, SMKN 4 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 34 Jakarta, SMKN 1 Jakarta, SMKN 52 Jakarta, SMKN 56 Jakarta, SMKN 5 Jakarta, SMKN 22 Jakarta, SMK Telkom, Cyber Media, YMIK, dan SMKN 43 Jakarta. Bidang keahlian yang dilombakan diantaranya Wall And Floor Tiling, Cabinet Making,  Mechanical Engineering CAD, dan Industrial Control lokasi bidang lomba ini di SMKN 4 Jakarta. Sedangkan   Electronics diadakan di SMKN 29 Jakarta, dan Elektrical Installation di lokasi SMKN 26 Jakarta. Bidang Welding berlokasi di Komatsu, Automobile Technology, dan bidang IT Software For Business berlokasi di SMKN 51 Jakarta.

Bu Erni selaku Kepala Jurusan DITF mengungkapkan bahwa perlombaan ini mampu mengetahui sejauh mana keterampilan siswa dan mencari bibit unggul dari sekian banyak siswa yang memang betul-betul berpotensi di bidang Cabinet Making.  Tidak hanya itu“ Berbagai persiapan sudah di lakukan untuk LKS sejak dua bulan yang lalu. Salah satu persiapannya adalah banyaknya latihan menggambar teknik khususnya mesin” Ujar Bu Dian selaku guru produktif DITF. Pada prinsipnya  siswa dilatih untuk bisa pengambilan keputusan secara cepat dan tepat dan tidak lupa dengan estetikanya untuk mendapatkan niali kompetensi yang baik. Bu Hana guru produktif KGSP mengatakan karena kompetensi siswa yang di lombakan sudah menjadi bahan pembelajaraan sejak masuk jurusan tersebut. Siswa sudah memiliki pengetahuan yang cukup untuk LKS akan tetapi ada latihan khusus untuk LKS. Siswa tidak hanya di berikan pembelajaran tetapi di beri motivasi dari pemenang LKS sebelumnya.

Hasil juara ditiap bidang meliputi:

Nama Bidang Lomba Juara
Agus Maulana H Wall And Floor Tiling Juara 1
Bagas Gebyar S Wall And Floor Tiling Juara 2
Arya Dika Prayoga Cabinet Making Juara 1
M. Iqbal Maudodi Cabinet Making Juara 2
Sheva Veryand Cabinet Making Juara 3
Dika Sandimas Putra Mechanical Engineering CAD Juara 1
Ahmad Maulana Wahyudin Mechanical Engineering CAD Juara 2
Hendry Cahyadi Industrial Control Juara 3
Anjang Pangestu Electronics Juara Harapan 1
Farhan Nurbaidillah Elektrical Installation Juara Harapan 1
Muhammad Iqbal IT Software For Business Juara Harapan 2
Muhammad Rafif Astra Internasional, Daihatsu Training Center Sunter Jakarta Juara 1
Alzul Mardi Welding Juara 1
Afif Bayu Pratama Welding Juara 2

 “Saya sangat bangga bisa mewakili SMKN 4 Jakarta di ajang LKS tahun ini banyak pengalaman dan ilmu yang didapati terutama di bimbing oleh guru yang professional,” ujar peserta dari bidang Cabinet Making. Peserta lain dari bidang Electronics pun mengatakan Selama proses latihan saya sudah berusaha untuk belajar agar menjadi pemenang namun, saya belom diberikan kesempatan untuk jadi juara. semoga di LKS berikutnya saya bisa mewakili SMKN 4 untuk ke Nasional. (Tim KIR)

Tinggalkan Balasan

X