Mencetak Sumber Daya Manusia bermutu Komatsu Class 2021

komatsu

SMK Negeri 4 Jakarta merupakan salah satu pendidikan vokasi tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ikut berperan serta dalam perkembangan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang bertujuan menjadi sekolah pencetak sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dan siap terjun dalam menghadapi dunia kerja baik nasional maupun multinasional.

Pelaksanaan Komatsu Class sudah berjalan (MoU) kerjasama dengan SMKN 4 Jakarta dari tahun 2018. Long Distance Apprentices (LDA) adalah model baru rekruitmen yang dilaksanakan Komatsu di masa pandemi. LDA SMK Negeri 4 Jakarta diikuti oleh 20 siswa yang telah dinyatakan Lulus pada Tahun pelajaran 2020/2021 yang sebelumnya telah mengikuti Kelas Komatsu dibulan Agustus-September 2020, sebagai salah satu syarat keikutsertaan mereka pada LDA kali ini. Karena prasyarat awal dari PT Komatsu Indonesia, 20 peserta yang kita ajukan sebagaimana yangg diminta di samping sudah mengikuti Kelas Komatsu mereka juga, harus terlebih dahulu melaksanakan Medical Check Up, maka satu orang dinyatakan tidak lulus MCU, maka jumlah peserta dari SKMN 4, berkurang menjadi 19 orang.

Program Long Distance Apprentices atau Magang Jarak Jauh Komatsu Indonesia yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Jakarta yang dikomando oleh Bapak Ardiansyahri, S.Pd selaku Kepala Kompetensi dan Bapak Mochamad Firmansyah, S.Pd sebagai Guru Produktif Teknik Pengelasan, pada 26 Agustus s.d 15 September 2021, merupakan salah satu dari 8 SMK yang dianggap representatif dari 40 SMK yang masuk sebagai Link and Match PT Komatsu Indonesia, langsung ditangani oleh guru-guru masing-masing SMK yang telah mengikuti Training of Trainer (TOT).

Pada dasarnya LDA adalah Magang model baru bagi karyawan baru yang direkrut oleh PT Komatsu Indonesia, hanya saja tempatnya dan Instrukturnya di dan berasal dari masing-masing sekolah Calon Karyawan berasal, sementara pendanaannya ditanggung oleh PT Komatsu Indonesia, sehingga materi yang diberikan sesuai dengan materi yang biasa didapatkan oleh karyawan magang seperti Basic Mentality, Basic Safety, Basic OH Crane (knowledge-practice, Basic Welding (Knowledge-Practice 1F dan 2F proses MAG) dan sebagainya dengan target Calon Karyawan yang mengikuti LDA telah siap mental, knowledge, attitude dan skill yang dibutuhkan oleh PT Komatsu Indonesia. Semua kegiatan tersebut didukung pihak Sekolah di bawah naungan Bidang Kehumasan dan Kemitraan oleh  Bapak Abdul Basit M.Pd.

Semoga kegiatan dari Komatsu Class SMKN 4 Jakarta, dapat bekerjasama ditahun selanjutnya dan meningkat kuantitas siswa yang lebih banyak agar siswa SMKN 4 Jakarta mendapatkan peluang untuk mempertajam kualitas Sumber Daya Manusia yang bermutu di jurusan Teknik Pengelasan yang diserap pihak PT Komatsu Indonesia.

Tinggalkan Balasan

X