Pelaksanaan Giat UKBI Adaptif Merdeka

Sebagai Warga Negara Indonesia, pernahkah Anda menguji kemampuan berbahasa Indonesia Anda? Pernahkah Anda mengukur seberapa mahir Anda menyimak, menulis, membaca, dan berbicara bahasa Indonesia? Jika belum, Anda dapat mengikuti UKBI yang merupakan singkatan dari Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia sebagai cara untuk mengukur kemahiran berbahasa. UKBI adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan atau tulis. UKBI terdiri atas lima seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca) dalam bentuk soal pilihan ganda serta Seksi IV (Menulis) dalam bentuk presentasi tulis dan Seksi V (Berbicara) dalam bentuk presentasi lisan. Namun pada Giat UKBI Adaptif yang dilaksanakan di SMKN 4 Jakarta, hanya terdiri atas tiga seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca).

Giat UKBI Adaptif Merdeka merupakan program unggulan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa bagi pelajar SMP dan SMA/SMK sederajat. Giat UKBI Adaptif Merdeka Bertujuan untuk menyebarluaskan pemanfaatan UKBI di kalangan pelajar SMP dan SMA/SMK sederajat sebagai upaya peningkatan mutu kemahiran berbahasa Indonesia bagi pelajar. Pelaksanaan Giat UKBI Adaptif Merdeka ini dilakukan secara daring di 378 sekolah negeri maupun swasta di DKI Jakarta. Penyelenggaraan UKBI ini telah terlaksana sejak tanggal 8 September 2022 sampai dengan 4 Oktober 2022.

Pelaksanaan Giat UKBI Adaptif Merdeka di SMKN 4 Jakarta SMK Pusat Keunggulan ini digelar pada hari Selasa, 4 Oktober 2022 lalu. UKBI diikuti oleh 50 siswa dari kelas 12 yang berasal dari berbagai kompetensi keahlian, serta empat guru bahasa Indonesia sebagai tim sukses pelaksanaan Giat UKBI Adaptif Merdeka. UKBI dilaksanakan di dua ruang kelas, dengan pengawasan guru dan sistem https://ukbi.kemdikbud.go.id/ dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sendiri.

Hasil UKBI peserta uji dipetakan ke dalam tujuh peringkat, predikat, dan rentang skor. Ketujuh predikat dapat diserangkaikan dalam satu ungkapan Isu Unggul Managitas (Istimewa, Sangat Unggul, Unggul, Madya, Semenjana, Marginal, dan Terbatas). Pelaksanaan UKBI di SMKN 4 Jakarta berjalan dengan sukses dan lancar, dengan hasil beragam yang diraih oleh para siswa, dari Semenjana sampai pada Istimewa.(Tim Medsos)

Tinggalkan Balasan

X