Home Learning Siswa SMK Negeri 4 Jakarta

KIR 4, Jakarta –  Mewabahnya virus Corona di Indonesia menyebabkan pemerintah harus mengambil tindakan yang tepat dan cepat. Tindakan ini diambil dengan tujuan untuk memutus penularan virus dan meminimalisir angka penderita positif virus ini. Tindakan awal yang diambil oleh pemerintah adalah membatasi kegiatan di luar rumah di negara kita ini khususnya di ibu kota DKI Jakarta. Semua kegiatan dilakukan dari rumah, contohnya bekerja dan sekolah dari rumah.

Mengkarantina diri sendiri dan keluar rumah seperlunya adalah bentuk kerjasama kita untuk mensukseskan program pemerintah dengan tujuan memberhentikan wabah virus corona ini. SMK Negeri 4 ikut mensukseskan program pemerintah dengan melakukan proses belajar dan mengajar dari rumah melalui pembelajaran online yang dimulai sejak tanggal 16 Maret 2020. Walaupun banyak hambatan yang terjadi,banyak ujian-ujian yang tertunda atau bahkan dibatalkan.

Home Learning yang terjadi saat ini sangat berpengaruh terhadap pembelajaran di dunia pendidikan, semua siswa harus belajar jarak jauh yang telah ditentukan oleh kebijakan masing-masing sekolah. Sangat berbeda belajar langsung di sekolah dengan jarak jauh. Namun, pembelajaran seperti ini menggunakan online memudahkan dalam mengenal teknologi yang bagus sebagai media pembelajaran. Banyak manfaat baik kekurangan maupun kelebihan dalam menggunakan aplikasi pembelajaran. “Pembelajaran di rumah juga cukup membuat saya merasa kesulitan karna disalah satu sisi kita membutuhkan media yang memadai seperti laptop, kuota internet, dan lain lain,” ujar salah satu siswa kelas XI yang dimintai pendapat melalui pesan Whatappnya.

Manfaat yang lain pun belajar dari rumah dapat memperlambat penyebaran virus yang ada, intinya semua ini untuk kebaikan kita semua. Proses pembelajaran di rumah jadi bisa dekat dengan anggota keluarga, dan belajar dimanapun  dan kapanpun bisa. “Bagaimana pun kondisinya belajar harus tetap dilaksanakan dengan hati yang tulus agar ilmu yang diberikan bisa bermanfaat.” ujar salah satu guru SMK Negeri 4 yang ikut berkontribusi dalam proses home Learning.(Hauri)

Tinggalkan Balasan

X