Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Kesenian » Seremonial Job Fair/Job Matching di Meriahkan Oleh Kesenian Angklung

Seremonial Job Fair/Job Matching di Meriahkan Oleh Kesenian Angklung

Keseni4n, Jakarta – Dalam rangka acara Pembukaan (Seremonial ) Job Fair/Job Matching SMK NEGERI 4 JAKARTA, kesenian angklung ikut serta untuk memeriahkan acara tersebut yang bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa, meningkatkan kreativitas, serta melestarikan kebudayaan angklung agar tidak punah.

Jakarta, (Senin, 12 September 2019) acara Job Fair/Job Matching dimulai pukul 07.00 WIB s/d. Diawali dengan pembukaan acara hingga lanjut dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya. Hingga beranjak ke acara selanjutnya yaitu penampilan Angklung dari Ekskul Kesenian SMK Negeri 4 Jakarta Utara. Pada acara tersebut, kesenian tidak hanya menampilkan sebuah musik tradisional  angklung. Tetapi, Kesenian menampilkan perpaduan antara musik tradisional dengan musik modern sebagai pengiring angklung tersebut, dan paduan suara serta puisi sebagai puncak dari penampilan tersebut. Musik tradisional yang ditampilkan tidak hanya angklung, tetapi ada juga arumba sebagai penentu tempo dari angklung. Tim angklung membawakan 2 buah lagu yaitu lagu wajib dan lagu daerah. Lagu wajib yang dibawakan yaitu “Tanah Airku”, sedangkan lagu daerahnya adalah “ Sirih Kuning”. Tim angklung berkisar sekitar kurang lebih 40 orang.

Persiapan angklung untuk acara Job Fair SMK Negeri  4 Jakarta bisa dibilang cukup matang. Meskipun hanya diberi waktu sekitar 14 hari namun bisa tampil secara maksimal. Karena memang mereka dilatih untuk selalu siap sedia dalam acara apapun dan ternyata mereka bisa membuktikannya dalam acara Job Fair tersebut.

Pada hari pertama latihan, dimulai dengan latihan secara terpisah antara Angklung, Paduan Suara, dan Arumba. Hingga ketika Persiapan sudah mencapai  70% dilakukannya latihan gabungan dengan tujuan untuk penyesuaian antara satu sama lain. Ketika persiapan sudah mencapai 90%, dilakukannya gladi kotor dengan tujuan persiapan yang lebih matang dari sebelumnya. (Fidya Nurul Cahyani)

Tinggalkan Balasan

X