Beranda » Kesiswaan » KIR ( Kelompok Ilmiah Remaja)

KIR ( Kelompok Ilmiah Remaja)

Segala puji bagi allah, kami memujinya, memohon pertolongan dan ampunan kepadanya, kami berlindung kepada allah dari kejahatan diri kami dan kejelekan amalan amalan kami, barang siapa yang allah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang allah sesatkan maka tidak ada yang dapat memberikan petunjuk. Aku bersaksi bahwa tidak ada illah kecuali allah dan Muhammad utusan allah azza wa jalla.

Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu hasil yang disebut karya ilmiah. Karya ilmiah itu sendiri mempunyai arti sebagai suatu karya yang dihasilkan melalui cara berpikir yang menurut kaidah penalaran yang logis, sistematis, dan rasional. Informasi merupakan pengetahuan tentang perkembangan dunia. Informasi amat penting dalam kehidupan masyarakat luas. Informasi akan selalu muncul ditengah keanekaragaman manusia yang juga diperlukan masyarakat luas untuk mengetahui segala hal yang baru. Informasi tidak sampai begitu saja tanpa adanya media berupa lisan, tulisan, gambar, audio visual dsb.

Dalam lingkungan sekolah media berupa tv, radio, Koran dsb. Amat jarang ditemukan karena khawatir disalahgunakan. Untuk itu sekolah biasanya menggunakan majalah dinding sebagai sarana atau media siswa dalam mencari informasi.

Mading juga merupakan interaksi antar murid dengan murid, murid dengan guru, murid dengan sekolah, dan murid dengan masyarakat luas, atau bahkan antara murid dengan dunia. Mading berfungsi sebagai pemberi wawasan dan pengetahuan. Mading merupakan salah satu jalur masuknya wawasan dan pengetahuan kepada murid diluar jam pelajaran.

Kehadiran mading sangat membantu ketika ada pengumuman berjangka panjang. Karena akan merepotkan bila guru harus senantiasa mengumumkan kembali hingga akhir penghabisan pengumuman tersebut mengingat manusia merupakan tempat salah dan lupa.

X