Berita

Penguatan Karakter Warga Sekolah Melalui Giat Jumat

Menyandang gelar sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan salah satu kebanggaan sekaligus kehormatan untuk seluruh SMK di Indonesia. Salah satu sekolah yang memiliki predikat sebagai SMK PK tersebut ialah SMK Negeri 4 Jakarta. Memiliki gelar sebagai salah satu SMK PK di Indonesia, tentunya bukanlah suatu hal yang mudah bagi SMK Negeri 4 Jakarta, sebab menyandang gelar tersebut berarti harus siap menggerakkan program-program unggul sebagai SMK PK. Salah satu program SMK Negeri 4 Jakarta ialah program penguatan karakter yang dilaksanakan melalui Giat Jumat. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menanamkan sikap ‘Hidup Bersih, Sehat, dan Religius’.

Giat Jumat mulai dilaksanakan kembali pada Jumat (20/01/2023) setelah vakum beberapa waktu akibat pandemi Covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh guru, karyawan, beserta peserta didik SMK Negeri 4 Jakarta. Agenda Giat Jumat ini meliputi kegiatan pembinaan mental dan spiritual, kegiatan senam bersama, serta kegiatan kebersihan.

Kegiatan pembinaan mental dan spiritual menjadi salah satu kegiatan yang berperan penting demi pembentukan karakter siswa yang bermutu. Pendidikan agama yang memberikan pembekalan kepada siswa agar menjadi manusia yang memiliki ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa hanya diberikan selama 4 jam pelajaran perminggunya di sekolah. Oleh sebab itu, SMK Negeri 4 Jakarta mengadakan kegiatan pembinaan mental dan spiritual setiap hari Jumat sebagai kegiatan pembekalan tambahan untuk memperkuat mental dan penanaman nilai-nilai keagamaan siswa sesuai agama dan keyakinannya masing-masing.

Selain kegiatan pembinaan mental dan spiritual, kegiatan senam bersama juga tidak kalah penting untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Para guru, karyawan, dan siswa kelas 12 dari berbagai kompetensi keahlian melaksanakan senam bersama di lapangan sekolah dengan iringan musik yang asik sehingga dapat menambah semangat untuk berolahraga. Kegiatan senam bersama ini, tentunya tak akan membuat para siswa merasa bosan karena gerakan dan irama yang bervariasi. Tak hanya itu, dalam kegiatan senam bersama ini, terdapat pula instruktur senam ahli yang disediakan khusus oleh pihak sekolah untuk memeriahkan kegiatan ini. Tak ayal bilamana senyum, semangat, dan aura positif terpancar luas dari para peserta senam bersama program Giat Jumat ini.

Terakhir namun tak kalah penting dalam program Giat Jumat ini ialah kegiatan kebersihan. Dilihat dari lingkungannya, pantas saja bila SMK Negeri 4 Jakarta menyandang predikat sebagai SMK PK. Setelah sukses dengan program Bebas Limbah Plastiknya, kini SMK Negeri 4 Jakarta menggalakkan kegiatan kebersihan dalam program terbarunya Giat Jumat. Para siswa kelas 10 dari berbagai kompetensi keahlian dengan apik dan cerdik membersihkan setiap sudut dan sisi sekolah. Mulai dari gerbang masuk sekolah, hingga taman, dan kamar mandi sekolah turut dibersihkan bersama dengan penuh semangat. Selain mengasah kedisiplinan siswa akan kebersihan lingkungan, pihak sekolah mengaku bahwa kegiatan kebersihan dalam program Giat Jumat ini juga bertujuan untuk menggembleng rasa persatuan dan kesatuan siswa. Nilai gotong-royong dalam membersihkan dan merapikan sekolah mampu melekat ke dalam jiwa dan kepribadian para siswa, sehingga mampu menjadi warga negara yang baik, santun, dan berakhlak mulia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button