Beranda » Kabar SMK » Berita » Sinkronisasi Penyelarasan Kurikulum dengan Dunia Industri

Sinkronisasi Penyelarasan Kurikulum dengan Dunia Industri

Dalam Menyikapi dan menerapkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016 dikeluarkan untuk menguatkan sinergi antar pemangku kepentingan dalam merevitalisasi SMK guna meningkatkan kualitas dan daya saing SDM . Harus dilakukan penguatan dan kesatuan pemahaman mulai dari tingkat pusat sampai tingkat daerah dan yang paling penting sosialisasi bagi penyelenggara pendidikan sangat dibutuhkan.

Menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan kompetensi sesuai kebutuhan pengguna lulusan (Link and Match) adalah salah satu programnya. Lalu ada Teaching Factory dengan harapan siswa dapat menghasilkan produk kemudian penerapan metode pembelajaran yang tepat seperti metode DEF ( Dialog, Edukasi dan Fasilitasi )

SMK NEGERI 4 JAKARTA berupaya untuk melaksanakan amanat inpres Revitasasli SMK dengan langkah awal mengundang dan bekerja sama dengan Industri dalam melaksanakan sinkronisasi kurikulum atau lebih jauh yaitu penyelarasan kurikulum untuk kelas Industri.Kegiatan ini dilaksanakan tangal 19 sd 20 September 2018 di Ruang Multi Media SMK Negeri 4 Jakarta.

Kegiatan ini Bertujuan menyempurnakan pengembangan kurikulum yang selaras dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri serta Lembaga Sertifikasi Profesi Sesuai dengan amanat Revitalisasi SMK.

Peserta : 10 Kakomp SMK N 4 Jakarta, 10 Guru Produktif, Pengurus LSP P1 SMK N 4 Jakarta, 5 Sekolah Aliansi. Dengan nara sumber dari 7 Lembaga Sertifikasi ( 6 LSP dan 1 LPJK ) 10 DUDI berskala Nasional.

Dalam kegiatan ini hadir juga Kasi SMK Dinas Dikmen Wilayah Adminitsrasi jakarta Utara 2 Bpk Drs. Dudung Durahim,MM,, dan Kasi Bidang Kurikulum Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Bpk. Drs. Wurdono,MM yang sekaligus membuka acara ini.

Tindak lanjut kegiatan ini merupakan awal indikator kersama antara DUDI dan diharapkan dapat mewujudkan peran DUDI dalam revitalisasi SMK yang finalnya adlah terbentuknya kelas khusus Industri di SMK N 4 Jakarta.

Sinkronisasi (penyelarasan kurikulum ) SMK N 4 Jakarta telah di lakukan dengan link and mtach program kurikulumnya dengan Dunia Usaha/Dunia Industri berskala Nasional serta Lembaga Sertifikasi Profesi ( P3) . Industri yang bekerjasama sebagai Nara sumber dalam penyelarasan Kurikulum antara lain : 1. PT. Panasonic Manufacturing Indonesia 2. PT. Catur Griya Naradipa ,3. PT. Adhi Karya ,4. PT. TOA GALVA INDUSTRY ,5. PT. PLN ( Persero) Pusdiklat ,6. PT . KOMATSU INDONESIA, 7. PT. AUTONICS INDONESIA ,8. PT.NUTRIFOOD 9. PT. AKEBONO ASTRA BRAKE , 10. AUTO 2000 YOS SUDARSO .

Sedangkan LSP yang merupakan lembaga penguji untuk sertifikasi siswa yang bisa diakui oleh DUDI antara lain : 1. LSP Logam dan Mesin Indonesia, 2. LSP Elektronika Indonesia, 3. LSP Teknik Listrik ,4. LSP LAS ,5. LSP Teknik Otomotif Indonesia , 6. LSP Stickom CKI, 7. LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi).

SMK …Hebat  !!!

SMK … Bisa   !!!

SMK N 4 Jakarta …. Paling Bisa    !!!

( News Writer : Lunarco Dcaprio)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

X