Beranda » Kabar SMK » Berita » Uji Kompetensi Kejuruan(UKK) SMKN 4 Jakarta

Uji Kompetensi Kejuruan(UKK) SMKN 4 Jakarta

Jakarta,KIR4– Terlakasananya UKK di SMKN 4 Jakarta yang diikuti seluruh siswa kelas XII semua jurusan (TKBB,TF,TITL,TAV,TEI,TP,TKR,TMK, TPL, dan TKJ) yang bertujuan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan siswa yang didapat selama 3 tahun belajar di SMKN 4 Jakarta (23/2)

UKK hakikatnya adalah hasil akhir siswa selama 3 tahun di mana kompetensi yang diujikan mulai dari kelas X -XII. Persiapan para siswa di antaranya mental dan diimbangi dengan materi-materi yang diajarkan sesuai keahlian masing-masing. Panitia mempersiapkan segala macam bahan serta pengecekan mesin sebelum UKK dimulai. Materi yang diujikan tiap-tiap jurusan di antaranya:

  1. Jurusan TKBB mengujikan seperti; membuat kolom dan sloof, membuat bekisting, mengecor kolom dan sloof, memasang habel, dan memasang keramik.
  2. Jurusan TF mengujikan dengan mempersiapkan alat-alat yang digunakan meliputi ; melukis kayu, membobok kayu, merapihkan sampai ke tahap finishing salah satu bentuk akhir proses pembuatan  produk yang diujikan.
  3. Jurusan TITL mengujikan seperti; merangkai dan merakit panel listrik, membuat instalasi penerangan pada rumah, serta mengukur besar tegangan dengan alat yang telah disediakan.
  4. Jurusan TAV mengujikan seperti; perancangan layout, pcb, pengukuran analog, pengukuran oscilloscope, presentasi dan wawancara.
  5. Jurusan TEI
  6. Jurusan TP mengujikan memahami bagian-bagian mesin baut, frais, scrap, dan pembacaan alat ukur dan posisi proses pengerjaan.
  7. Jurusan TKR mengujikan seperti; sistem starter, sistem pengsian, OH Engine, OH transmisi, Engine Tune Up, dan pengukuran.
  8. Jurusan TMK mengujikan plc dan psu.
  9. Jurusan TPL mengujikan pengelasan posisi 1G dan 3G dengan proses SMAW (Shield Matel Arc Welding) atau las busur.
  10. Jurusan TKJ para siswa melakukan latihan dengan tutor sebaya dan memahami kode program komputer seperti html, css, javascript,php, dll.

UKK ini bukanlah suatu proses akhir melainkan hanya sebagian kecil klasifikasi keahlian dari BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Terlihat siswa-siswi SMKN 4 Jakarta sangat antusias dalam melaksanakan UKK yang sedang berlangsung dengan mementingkan keselamatan dengan menggunakan sepatu sefti. Pengawas UKK yaitu internal dan eksternal. Internal yaitu guru-guru pengajar dan kepala program tiap jurusan. Pengawas eksternal di antaranya AKEBONO,DENSO,TOSHIBA, dll. Dari aspek yang memengaruhi penilaian yaitu antara lain adalah keselamatan, kemampuan, kerapihan, proses pengerjaan, pengetahuan siswa, lama waktu siswa menyelesaikan saat UKK sedang diujikan  UKK yang dijalani kurang lebih seminggu  sangat menguji keterampilan kita” Di mana kita mempertanggungjawabkan selama belajar 3 tahun dalam jurusan produktif yang dipilih ujar siswa jurusan listrik .(Dimas&Audy)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

2 Komentar

  1. wah, setiap jurusannya punya ujian khusus ya, dan saya setuju sekali bahwa ujian bukanlah proses akhir. trimkasih untuk infonya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X