Beranda » Kabar SMK » Berita » Job Matching SMK 2018 (SMK Bisa!)

Job Matching SMK 2018 (SMK Bisa!)

KIR 4, Jakarta – Job Matching adalah suatu program nasional untuk mengurangi pengangguran lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan mempromosikan sumber daya SMK. Job Matching ini juga terbentuk karena adanya kerjasama sekolah dengan 25 perusahaan yang pernah merekrut alumnus. Diharapkan Job Matching ini bisa menjadi pengelolaan alumnus layaknya siswa baru yang diperhatikan keberlangsungannya.

Acara yang digelar di SMKN 49 Jakarta selama dua hari, 25-26 Juli 2018. Kegiatan ini bertujuan  untuk menjaring tamatan SMK Negeri dan juga Swasta yang memiliki bakat dan minat serta skill yang baik untuk ikut bergabung di grup perusahaan yang memiliki cabang di seluruh Indonesia tersebut. Panitia acara yang terdiri dari 10 SMK aliansi yaitu : SMKN 36 Jakarta, SMKN 33 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 61 Jakarta, SMKN 12 Jakarta, SMKN 23 Jakarta, SMKN 55 Jakarta, SMKN 56 Jakarta, SMK Perguruan Cikini, dan SMK PGRI 11. SMK aliansi diharuskan menggandengkan perusahaan yang mampu menerima lulusan SMK. Kami mengirimkan 3 perusahaan yang hadiri pada acara ini, yaitu : PT Akebono, PT Gilang Agung Persada dan PT Kawan Lama Grup.

Acara dibuka dengan sambutan hangat oleh MC lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Kepala SMKN 49 Jakarta dan fashion show oleh SMK aliansi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para hadirin. Job Matching SMK 2018 ini dihadiri oleh seluruh kepala sekolah, wakil kepala bidang hubungan industry, dan Ketua BKK se-jakarta utara. Tak lupa juga Bapak Drs. Dudung Durakhim, M.Pd selaku Sudin Pendidikan Jakarta Utara 2 serta pihak Top Karir (25/7/2018).

Pada keesokan harinya, Acara yang tak kalah menariknya dari hari kemarin karena Seluruh MK Aliansi unjuk bakat yang dimiliki, SMKN 4 Jakarta menampilkan Vocal Grup dan Solo Vokal yang diwakili oleh Siswa/i yang mengikuti ekstrakulikuler Kesenian. Bermacam-macam kemampuan Siswa/i SMK tak dapat dipandang sebelah mata, diantaranya adalah Berbagai jenis tarian, unjuk suara emas (bernyanyi), dan kemampuan bersandiwara di panggung (teater). Pada hari ini juga, diadakan sesi tanya jawab antara perwakilan SMK dengan pihak Top Karir.

Rangkaian acara telah dilalui oleh seluruh hadirin dan saatnya pelepasan balon sebagai tanda dimulainya perekrutan dari perusahaan. Kegiatan tersebut ditutup oleh Laporan Ketua Panitia yaitu Ibu Meyridalisma, M.Pd sekaligus Kepala SMKN 49 Jakarta selaku tuan rumah acara Job Matching SMK 2018 ini. “Acaranya bagus dan keren, bisa menjembatani hubungan antara sekolah dan perusahaan. Tujuan dari acara ini juga baik agar lulusan SMK bisa menjadi bagian dari Industri dan mengurangi jumlah pengangguran di NKRI dan semoga acara ini bisa rutin diadakan setiap tahun.” Ujar perwakilan dari SMKN 4 yang menghadiri acara tersebut.(Amel)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

One comment

  1. program yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X