Beranda » Kabar SMK » Berita » Memperingati Hari Pahlawan 10 November 1945

Memperingati Hari Pahlawan 10 November 1945

KIR 4, Jakarta – Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Salah satu momen penting dalam sejarah kemerdekaan diantaranya perjuangan para pahlawan yang rela mempertaruhkan jiwa raganya untuk kemerdekaan RI.

Sebagai bentuk partisipasi kita terhadap perjuangan para pahlawan yag telah gugur, diadakannya Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang diselenggarakan di seluruh sekolah, termasuk SMK Negeri 4 Jakarta. Tepat pukul 07.00 WIB para peserta upacara baik guru maupun siswa dengan rapih dan tertib mengikuti upacara Hari Pahlawan di lapangan SMK Negeri 4 Jakarta (10/11/2017). Pasukan Pengibar Bendera SMK Negeri 4 dengan hormat menjalankan sebuah kepercayaan untuk menaikan Sangsaka Merah Putih dan diiringi oleh lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh Paduan Suara. Upacara pun terlaksana dengan khidmat yang diikuti oleh seluruh warga SMK N 4 Jakarta. Setelah pengibaran bendera sosok Bapak Budi dengan lantang membacakan kata mutiara dari tiap-tiap pahlawan.

Peringatan hari pahlawan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa sangat besar. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Sosial Republik Indonesia dalam isi teks pidato yang dibacakan oleh Inspektur Upacara yaitu Bapak Diding Wahyudin, S.Pd, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Jakarta“Para Pendiri bangsa menggambarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya, kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil, dan makmur. Oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini kita mengambil tema“Perkokoh Persatuan Membangun Negeri.” Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak aka nada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia. Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik tersebut telah ditambatkan oleh Pemerintah Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak H.M. Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni: “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandasan gotong-royong.”

Sebagai rasa mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur di medan perang tim MPaduan Suara memberikan persembahan lagu Pada Pahlawan dan Gugur Bunga. Peringatan Hari Pahlawan 2017 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Memaknai Hari Pahlawan menurut saya orang yang berjasa, berjuang, berkorban, jiwa, raga & harta demi negara & bangsa dengan ikhlas tanpa pamri, kebebasan bangsanya dari kekuasaan bangsa asing“ ujar Bu Rita sebagai guru Sejarah saat ditanya memaknai Peringatan Hari Pahlawan. Mari kita pupuk persatuan dan kesatuan bangsa kita, yang sudah ditanam oleh para pejuang. (Asep)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X