Beranda » Kabar SMK » Berita » Partisipasi Polda Metro Jaya Dalam Upacara Bendera

Partisipasi Polda Metro Jaya Dalam Upacara Bendera

KIR 4, Jakarta –Pada hari Senin 7 Oktober  2019, warga SMKN 4 Jakarta telah melaksanakan upacara bendera.  Upacara kali ini sedikit berbeda karena pembina upacara langsung dari wilayah Hukum Polda Metro Jaya yang dipimpin oleh Bapak AKBP I Gusti Seli Made. Bukan hanya SMKN 4 Jakarta saja yang menjadi sekolahan pilihan yang dikunjungi dalam kegiatan upacara bendera, namun ada sekolahan lain diantaranya; SMKN 1 Jakarta, SMKN 58 Jakarta, SMKN 2 Jakarta, SMKN 54 Jakarta, SMKN 5 Jakarta, SMKN 7 Jakarta, dan SMKN 10 Jakarta.

Tepat jam 06.35 WIB para warga SMKN 4 Jakarta sudah berkumpul di lapangan untuk kegiatan upacara bendera, dibantu oleh Bapak/Ibu guru pembina dan siswa-siswi dari ekskul Paskibra. Proses upacara bendera yang diikuti oleh warga sekolah bergitu tertib dan lancar. Apalagi ketika pengibaran bendera merah putih peserta upacara tampak hikmat.

Amanat yang disampaikan dalam sambutan dari pembina upacara yaitu berkaitan dengan “Globalisasi” Globalisasi sering dikaitkan dengan kemajuan teknologi dan informasi yang tiada batas, namun sebenarnya globalisasi berhubungan dengan berbagai bidang kehidupan. Terdapat dampak positif dan negatif dalam globalisasi di sini. Dampak positif diantaranya ; sistem belajar mengajar yang tidak selalu tatap muka; kemudahan dalam mengakses informasi pendidikan; meningkatnya kualitas pendidik; dll. Sedangkan dampak negatif diantaranya ;menurunnya kualitas moral siswa; meningkatnnya kesenjangan sosial; tergerusnya kebudayaan lokal; dll.

Inti dalam  teks amanat yang disampaikan oleh Bapak AKBP I Gusti Seli Made yaitu:

  1. Tingkatkan semangat belajar peserta didik
  2. Jadikan semua kegiatan di sekolah sebagai sebuah pembelajaran dan pengalaman bukan mencari keuntungan
  3. Tingkatkan nilai ibadah kalian sesuai agama dan nilai amaliah dengan sesama teman
  4. Jika ingin belajar berdebat, belajarlah di sekolah
  5. Jadilah peserta didik yang kreatif dan inovatif yang dapat dibanggakan oleh sekolah dan orang tua kalian.

Menurut Anggi sebagai siswa SMKN 4 Jakarta berpendapat kegiatan upacara yang tadi dilaksanakan sangat tertib dan pembina upacara yang bertugas sangat luar biasa karena bisa berbagi ilmu kepada kita sebagai pelajar. Tidak hanya itu kita mengharapkan kedatangan dari pemerintahan lain untuk bersedia berbagi ilmu atau nasihat-nasihat untuk disampaikan kepada pelajar di Indonesia. (Erlan)

Tinggalkan Balasan

X