Kunjungan Siswa SMKN 4 Jakarta ke Goethe Institut

KIR 4, Jakarta – Ekstrakurikuler Bahasa Jerman atau German Club SMK Negeri 4 Jakarta telah mengadakan kunjungan ke Perpustakaan Goethe-Institut dalam rangka lebih memperkenalkan kebudayaan Jerman (31/08/2018). Goethe-Institut Jakarta berada di Jalan Dr. GSSJ Ratulangi No.9-15, RT.2/RW.3, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat 10350. Kegiatan ini diikuti oleh para anggota ekskul German Club yang berjumlah 10 orang, pembimbing, dan pembina German Club. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09:00 hingga pukul 15:00.

Di perpustakaan Goethe-Institut Jakarta, sangat lengkap fasilitasnya. Bukan hanya banyak buku-buku tentang kebudayaan dan sastra, disana juga terdapat area bermain yang pada dasarnya juga berprinsip untuk mempelajari bahasa, kebudayaan, dan negara Jerman itu sendiri.Institut dengan slogan “Sprache, Kultur, Deutschland” ini juga memberikan layanan kepada para  pengunjung dalam mempelajari bahasa dan budaya Jerman. Ketika masuk perpustakaan, para pengunjung menuliskan biodata pengunjung perpustakaan dan menaruh tas di tempat rak. Setelah itu, para pengunjung sudah bisa bebas menikmati layanan perpustakaan.

kegiatan dilanjutkan dengan bermain susun balok (Uno Stacko). Ada sebagian anggota German Club yang bermain game di iPad. Ada juga mereka yang mendengarkan musik berbahasa Jerman, dan bermain game kosakata bahasa Jerman.

Banyak manfaat dari kegiatan ini, diantaranya mempelajari lebih dalam bagaimana bahasa dan budaya Jerman, menambah wawasan seputar perpustakaan Jerman yang juga pada umumnya didesain mirip dengan perpustakaan umum di Jerman, memberikan pengalaman komunikasi menggunakan bahasa Jerman dengan melihat praktek para anggota Goethe-Institut berdialog. (Alvin)

Tinggalkan Balasan