Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Memperingati Isra mi’raj

Memperingati Isra mi’raj

KIR4, Jakarta – Hari Jumat di SMKN 4 telah  berlangsung kegiatan rohani islam untuk memperingati acara peringatan Isra mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H/2019 M. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa- siswi kelas X-XI, para guru , serta tamu undangan dari luar sekolah. Acara ini bertempat di Masjid Baitul Ilmi Al-Falah SMK Negeri 4 Jakarta.

Acara dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, dimana dibuka dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yaitu ananda Imam Santoso dari kelas XI TEI-A dilanjutkan dengan sambutan pembukaan acara oleh pembina rohis. Tema dalam acara ini yaitu”Menggenggam Bara Api dalam Memperingati Isra Mi’raj  Nabi Muhammad SAW”.

Adapun isi ceramah yang dapat diambil dari Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang dibawakan oleh Pak Ustadz Zaenal Abidin, LC. Beliau mengatakan telah dikutip dari Anas bin Malik Radiallahu anhu, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda “ Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api” (HR. Tirmidzi no 2260 Al Hafidz Abu Thohir mengatakan bahwa hadis ini hasan). Akan datang akhir zaman, dimana muncul dajjal dengan pasukan(orang-orang yahudi). Dajjal tersebut akan dibunuh oleh Nabi Isa A.S dan pohon-pohon dan batu-batu menjadi hidup dan berbicara untuk melindungi umat islam. Namun ada satu pohon yang melindungi umat Yahudi. Islam datang ditengah-tengah umat yahudi dalam keadaan aneh dan akan kembali kepada Allah juga dalam keadaan aneh. Karena terjadinya zina dimana-mana, bayi dikubur hidup-hidup, dll. (Kondisi umat islam sekarang). Ada 360 berhala disekitar ka’bah yang dihancurkan oleh Rasulullah SAW. 1 berhala yang paling besar adalah Fir’aun yang dihancurkan oleh Nabi Musa A.S. Dari penjelasan tersebut disimpulkan bahwa kita harus masuk islam secara kaftah (menyelaruh) tidak boleh setengah-setengah. Dimulai dari prilaku yang baik, serta tempat yang tidak menyesatkan dan berpegang teguh pada agama.

Acara dilanjutkan dengan hiburan yang diberikan oleh Ekstrakulikuler Hadroh yang menampilkan keterampilan hadroh dan kecakapan dalam melantunkan sholawat kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Siswa-siswi SMK Negeri 4 Jakarta pun tampak menikmati dan meresapi isi ceramah yang disampaikan oleh Bapak Zaenal. “Acara sangat bagus,untuk mengenalkan cinta agama terhadap siswa siswi”ujar salah satu siswa dari kelas X TP-B yang bernama Andrian. Sebagai tambahan materi yang disampaikan sesuai dengan masalah yang sering terjadi di kalangan remaja.

Pada akhir acara Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Pak Samsul Fajri selaku guru agama islam di SMK Negei 4 Jakarta memimpin doa bersama , dengan memohon kepada Allah SWT agar kita semua diberikan keselamatan, kemudahan, kelancaran serta kekuatan iman dan selalu dalam Rahmat Allah SWT. ( Alvian )

Tinggalkan Balasan

X