Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Kemah Pendidikan Karakter di Cibubur

Kemah Pendidikan Karakter di Cibubur

KIR 4, Jakarta –  Pramuka merupakan kegiatan wajib yang ada di sekolah. Pramuka dapat didefinisikan sebagai suatu organisasi untuk pemuda yang mendidik para anggotanya dalam berbagai keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya.

Pada tanggal 9-11 Oktober 2017 telah berlangsung kegiatan pramuka di BUPERTA Cibubur. Kegiatan tersebut bernama Kemah Pendidikan Karakter (KPK). Peserta yang mengikuti adalah perwakilan dari masing-masing sekolah SMK se-DKI Jakarta. Tujuan kegiatan KPK ini membentuk karakter kepemimpinan pada diri anak seluruh SMK se-DKI Jakarta . Kegiatan di sana tidak hanya materi, olahraga, siraman rohani, berdiskusi, dan outbound. Banyak ilmu yang didapat contoh materi tentang kepemimpinan, kita diajarkan bagaimana memimpin dan bagaimana dipimpin. Dari materi yang disampaikan bahwa menjadi seorang pemimpin harus berpikir  kritis dan harus bijaksana dalam mengambil keputusan agar anggota atau pengikutnya tidak tersesat. Agar kegiatan tersebut menarik dan tidak membosankan ada permainan game atau menunjukan bakat tiap-tiap kelompok seperti, membacakan puisi, bernyanyi, dan membuat barang sekreatif mungkin.

 “Bahwa segala sesuatu yang sudah hancur tidak akan bisa kembali lagi seperti sedia kala, maka berpikirlah sebelum melakukan sesuatu” ucap Ka Didi yang bekerja sebagai penulis dan sutradara. Dari ucapan tersebut kita harus berpikir matang segala sesuatunya jangan cepat mengambil keputusan, karena hasilnya pun akan tidak bagus. “Saya bangga bisa mewakili SMKN 4 Jakarta untuk kegiatan pramuka di BUPERTA banyak ilmu dan menambah pengalaman saya di kepramukaan” ucap Anggara salah anak pramuka dari kelas XI TEI. (Asep)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X