Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Semangat Peserta Didik Baru Masuk ke SMK Negeri 4 Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019

Semangat Peserta Didik Baru Masuk ke SMK Negeri 4 Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019

KIR4, Jakarta– Setelah menikmati masa liburan akhirnya tahun ajaran baru telah tiba SMKN 4 Jakarta menyambut peserta didik baru dengan mengadakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang diselenggarakan pada tanggal 16 -18 Juli 2018. Dengan memakai seragam SMP peserta MPLS terlihat rapih untuk mengikuti Upacara Bendera bersama dengan Bapak/Ibu guru di lapangan. Orang tua peserta didik pun mengantarkan anaknya dan ikut upacara bersama (16/7.2018).

Berikut kutipan sambutan kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta pada Upacara Pembukaan MPLS yang dibacakan oleh Kepala Sekolah Bapak Diding Wahyudin “ Ada 3 komponen utama yang harus dikembangkan oleh Bapak dan Ibu, serta orang tua, yang merupakan proyeksi pendidikan masa datang yaitu: pertama komponen karakter/akhlaq, komponen kedua kompetensi yang bisa disebut 4K (kristis, kreatif, komunikatif, dan kerjasama), komponen yang ketiga literasi/ keterbukaan wawasan”. Itulah 3 komponen utama proyeksi pendidikan masa depan anak-anak yang harus dipersiapkan dan dikembangkan dalam suasana yang serius namun menyenangkan. Bapak Kepala Sekolah pun saat ditemui usai upacara ada tambahan jurusan baru di sekolah ini seperti KGSP dan DITF mungkin dari segi nama memang baru tapi untuk pembelajarannya seperti yang jurusan sebelumnya yang kita kenal dengan TKBB dan TF, materi yang diajarkan pun menyesuaikan dengan kebutuhan jurusan tersebut apalagi ditangani oleh guru-guru produktif yang professional.

Kegiatan MPLS di SMKN 4 Jakarta melibatkan guru-guru dan dibantu oleh pengurus OSIS agar kegiatan MPLS berjalan efektif dan menghindari perpeloncoan. Tujuan diadakan MPLS diantaranya memperkenalkan calon peserta didik pada lingkungan sekolah yang baru, memperkenalkan pada seluruh komponen sekolah beserta aturan,norma,budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.

          Adapun materi MPLS di SMK Negeri 4 Jakarta sebagai berikut :

  1. Pengenalan Tata Tertib Sekolah
  2. Pengenalan KBM di Sekolah
  3. Pengenalan Lingkungan Sekolah
  4. Pengenalan Praktik Kerja Industri
  5. Sosialisasi Kekerasan Seksual
  6. Penanggulangan Kebakaran di Lingkungan Sekolah
  7. Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Penyalahgunaannya
  8. Pengenalan Eskul dan OSIS

Pemateri MPLS terdiri atas: Kepala Sekolah, seluruh Wakil Kepala Sekolah, Bimnas Polres Jakarta Utara, Sudin Penanggulangan Kebakaran, para Pembina Eskul dan dibantu pengurus OSIS.

Seluruh calon peserta didik baru sangat semangat mengikuti kegiatan MPLS di SMK Negeri 4 Jakarta, terlihat mereka mulai dari awal hingga akhir mengikuti dengan baik acara yang telah tersusun. Ada yang sedikit berbeda dari kegiatan MPLS sebelumnya yaitu sebelum pulang ke rumah peserta dibiasakan sholat Ashar berjamaah dan kegiatan di tahun ajaran baru pun warga SMKN 4 Jakarta harus dibiasakan untuk jadwal makan bersama seminggu sekali, ini dikarenakan sekolah SMKN 4 Jakarta dijadikan contoh sebagai model sekolah sehat dari Sudin Kesehatan.

Rangkaian acara telah dilalui oleh peserta MPLS saatnya apel penutupan untuk di resmikan sebagai siswa di SMK Negeri 4 Jakarta. kegiatan tersebut ditutup oleh Wakil Kesiswaan Bapak Awalusilman dan melepaskan atribut seperti topi dan name tag sebagai simbol bahwa mereka sudah resmi menjadi warga di SMK Negeri 4 Jakarta. “Saya tidak salah pilih dari pertama memang ingin menjadi bagian siswa SMKN 4, banyak sekali prestasi di sekolah ini, saya berharap bisa menjadi salah satu yang memberikan prestasi untuk sekolah ini” ujar salah satu siswa jurusan TKJ. (Asep)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X