Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Pelaksanaan MPLS Di SMK Negeri 4 Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Pelaksanaan MPLS Di SMK Negeri 4 Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Jakarta –KIR4, SMKN 4 Jakarta menyambut peserta didik baru dengan mengadakan kegiatan MPLS Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang diselenggarakan pada tanggal 18 -20 Juli 2016.

Pada kesempatan kali ini proses dan tahapan pengenalan sekolah sedikit mengalami perubahan mulai dari nama yang sebelumnya adalah Masa Orientaasi Peserta Didik Baru (MOPDB) dan sekarang berubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dari kedua nama tersebut sebenarnya sama saja karena sama – sama mempunyai tujuan dan maksud yang sama, yaitu mengenal lebih jauh bagaimana karakteristik sekolah tersebut. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bukan ajang perpeloncoan atau yang lebih sering dikenal BULLYING.

 “Masa pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan awal untuk saling mengenal, menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh warga sekolah ujar Kepala Sekolah SMKN 4 Jakarta di hadapan para peserta didik baru kelas X tahun ajaran 2016/2017”. MPLS harus menjadi sarana bagi siswa untuk secara positif mengenal profil lingkungan sekolah, program dan peraturan serta budaya sekolah agar kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan baik. Kegiatan MPLS di SMKN 4 Jakarta dilibatkan oleh guru-guru dan dibantu oleh pengurus OSIS agar kegiatan MPLS berjalan efektif dan menghindari perpeloncoan.

Tujuan diadakan MPLS diantaranya memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru, memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan,norma,budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya, serta menanamkan berbagai wawasan dasar siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

Adapun materi MPLS di SMK Negeri 4 Jakarta sebagai berikut :

  1. Pengenalan Program Sekolah
  2. Pengenalan Program Sarana dan Prasarana
  3. Pengenalan Program Kurikulum
  4. Pengenalan Manajen Mutu
  5. Sosialisasi Bahaya Narkoba
  6. Penyuluhan Kenakalan Remaja
  7. Pengenalan dengan jururuan masing-masimg
  8. Pengenalan Eskul dan OSIS
  9. Informasi dari Yayasan Alzaemer

Pemateri MPLS terdiri atas: Kepala Sekolah, seluruh Wakil Kepala Sekolah, Bimnas Polres Jakarta Utara, para Pembina Eskul dan dibantu pengurus OSIS.

Seluruh calon peserta didik baru sangat antusias mengikuti kegiatan MPLS di SMK Negeri 4 Jakarta, terlihat mereka mulai dari awal hingga akhir mengikuti dengan baik acara yang telah tersusun. “Kegiatan MPLS di SMKN 4 sangat menarik, karena informasi-informasi yang disampaikan tidak membuat kita bosan ditambah tiap materi yang disampaikan banyak hadiah yang diberikan itu yang membuat kita makin semangat ” Ujar salah satu calon peserta didik baru dari jurusan TKJ.  Tiba saatnya peserta MPLS untuk di resmikan sebagai siswa di SMK Negeri 4 Jakarta, kegiatan tersebut ditutup dengan apel oleh Kepala Sekolah Drs. Kholil, M,Si dan menerbangkan balon sebagai lambang bahwa mereka sudah resmi dan siap diterima menjadi warga di SMK Negeri 4 Jakarta.(KIR4)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X