Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Berlatih Menjadi Jiwa Kepemimpinan

Berlatih Menjadi Jiwa Kepemimpinan

KIR 4, Jakarta – Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Lalu LDKO adalah Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS yang diikuti oleh anggota osis, perwakilan ekstrakulikuler dan perwakilan kelas. Diberikan dalam 2 bagian yaitu LDKO Fisik dan LDKO Mental. Untuk LDKO Mental, Adanya materi yang diberikan dari Kepala sekolah, Pembina Kegiatan, dan panitia Osis, Sholat Tahajud, dsb. Sedangkan LDKO Fisik, diberikan dalam bentuk senam, games dan outbound.

Pada  tanggal 27 dan 28 April 2018, dilaksanakan kegiatan LDKO yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur. Jumat (27/4/18), para peserta dikumpulkan di sekolah dan menaiki mobil dengan teratur, sesampainya disana langsung dilaksanakan apel pembukaan dan pengumpulan perlengkapan peserta oleh para Penanggung Jawab. Lalu, peserta dikumpulkan di pendopo untuk mendapatkan materi mengenai kepemimpinan yang dibawakan oleh Anggota Kepramukaan DKI Jakarta dan tak lupa juga diselingi dengan games yang mengasah konsentrasi Peserta, yaitu “Sambung Kata”.

Hingga waktu ISHOMA tiba dan materi pun selesai, kegiatan dilanjutkan dengan persiapan penampilan yel-yel dan bakat yang dimiliki oleh tiap-tiap kelompok saat kegiatan api unggun berlangsung. Canda dan Tawa terukir disini, saat semua peserta bebas mengeluarkan bakat ataupun ide yang ia punya. Namun sayangnya, api unggun tidak dapat dinyalakan karena faktor cuaca yang tidak memungkinkan dan akhirnya ditampilkan di dalam pendopo, tetapi itu tidak mengurangi keseruan Kegiatan LDKO tahun ini.

Peserta diberi waktu untuk istirahat dan tepat pukul 03.00 dini hari, peserta dibangunkan untuk kegiatan Pos to Pos. Kegiatan ini merupakan pemberian materi dari Panitia Osis mengenai Keagamaan, Kepemimpinan, Organisasi, dan Wiyata Mandala. Setelah sholat subuh, kegiatan dilanjutkan dengan Senam bersama dan games yang menguji solidaritas antar anggota kelompok, games tersebut bernama “Satu Tali bersambung”. Kemudian, Outbound yang ga kalah seru yaitu peserta harus merangkak di zona yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga peserta diharuskan merangkak dan dibawahnya terdapat lumpur. Selesai Outbound, sesi foto yang paling ditunggu-tunggu karena ingin mengabadikan memori yang tak akan terlupakan ini. ”3 Kata buat LDKO ini : Asik, Seru, Mendidik. Semoga tahun depan bisa diwujudkan lagi dan kalau bisa lebih seru sih ka” Ujar Rafli Fadillah. (Amel)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X