Dunia Industri Untuk SMK

Berbicara tentang SMK, salah satu tolak ukur Keberhasilan SMK adalah berapa banyak lulusannya yang diserap/diterima oleh Dunia Usaha/Industri. Untuk mencapai keberhasilan SMK dapat diterima oleh DU/DI ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya PSG, Prakerin karena dengan hal itu siswa dapat mengukur kemampuan kompetensi yang dimilikinya, sekaligus belajar langsung bagaimana bersosialisasi dengan Dunia usaha/Industri sehingga kebutuhan yang dikehendaki oleh tuntutan DU/DI sesuai dengan yang dimiliki oleh siswa.

Peran penting Praktik Kerja Industri (Prakerin) atau Praktik Sistem Ganda (PSG) yaitu untuk meningkatkan kompetensi sesuai kebutuhan industri karena masih ada kesenjangan kompetesi di SMK dengan kompetensi di Industri. Kemajuan Teknologi DU/DI yang pesat sulit tercapai dengan dunia Pendidikan, Pada Umumnya ditinjau dari kualitas peralatan dan Kompetensinya.

Peran guru untuk selalu meningkatkan kemampuan kompetensinya. Maka guru pun harus siap untuk magang/PSG/Prakerin di Dunia IndustriSelain itu prakerin berperan untuk pengenalan dini siswa SMK, terhadap dunia kerja dan budaya/etos kerja industri. Karena Budaya Industri sangat berbeda dengan Budaya di sekolah, oleh karena itu di SMK Negeri 4 Jakarta disiapkan tenaga kerja berkompetensi tinggi yang di butuhkan oleh setiap Industri.

Tinggalkan Balasan