Beranda » Kabar SMK » Berita » Pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS

Pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS

JAKARTA, KIR4–Latihan Dasar kepemimpinan OSIS (LDKO) tahun 2016 dilaksanakan pada hari Jum’at, 13 Mei. Acara ini umumnya hanya diikuti oleh anggota OSIS saja namun pada kali ini siswa-siswi perwakilan ekskull juga mengikuti jalannya kegiatan ini yang bertempat di VILLA SILMA, SUKABUMI.

Pada kegiatan tersebut para peserta LDKO diwajibkan untuk menginap selama 2hari 1malam. Setelah semua panitia dan peserta berangkat dan sampai tujuan pada siang hari, semua berbaris dan pembagian kelompok setelah selesai peserta siap menjalankan Sholat Jum’at bagi yang muslim. Setelah melaksanakan sholat jum’at para peserta bergegas menuju Wisma untuk berganti pakaian dan mempersiapkan alat tulis, setelah selesai berganti pakaian peserta kembali bergegas menuju aula untuk acara makan siang dan menerima materi oleh Bapak Awal selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan,  dengan materi Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS secara spontan beliau jelaskan. Dan dengan materi lainnya berjudul Program Kesiswaan & Tata Tertib Sekolah. Dalam sesi Presentasi tentang program ketertiban sekolah.

Banyak sekali ide dan pemikiran cemerlang para peserta sangat bagus sekali tentang Kebersihan dan Keindahan Lingkungan, seperti contohnya Setiap jam pelajaran Guru diwajibkan membawa Trash bag untuk Jam pertama, dan selanjutnya trash bag terserbut mengelilingi siswa dan siswa mengecek sampah di sekitarnya dan kolong meja, dengan cara di oper keteman sebelahnya dan pada bangku terakhir trashbag tersebut diam di posisi itu sampai Jam pertama berakhir dan setelah Pelajaran pertama berakhir Trash bag tersebut memutari siswa-siswi sekali lagi agar sampai ke guru. Namun ada satu kritikan tentang larangan membawa Handphone kesekolah oleh salah seorang peserta LDKO, dan masih banyak lagi idea atau pemikiran kreatif peserta, dan menjadi masukan untuk sekolah SMKN 4 kedepannya.

Setelah selesai menerima materi peserta kembali mempersiapkan diri untuk sholat ashar, dan di lanjutkan coffee break dan materi yang di bawakan oleh Bapak Kusyana selaku kepala bagian dibidang industry. Materi yang dijelaskan berjudul Softskill Kunci Kesuksesan Kerja & Belajar. Beliau dengan rinci menjelaskan apa yang harus kita persiapkan untuk memasuki dunia kerja dan Syarat memasuki perguruan tinggi. Menghimbau kepada peserta agar tidak bingung saat memilih tujuan setelah lulus nanti, mencegah pengangguran dan macam macam kompetensi yang bisa diperoleh seperti softskill dan hardskill.

Setelah selesai semua panitia dan peserta bergegas kembali menuju Wisma untuk beristirahat sejenak, membersihkan diri, dan mempersiapkan sholat maghrib, makan malam dan materi selanjutnya. Setelah selesai sholat maghrib peserta menuju aula untuk makan malam dan menerima materi inspirasi berisi video singkat yang menginspirasi serta ciri pemimpin yang baik dan materi yang berjudul Administrasi Keuangan & Pelaporan, yang di bawakan oleh Pak Kholil selaku Kepala Sekolah SMKN 4 Jakarta.

Dalam Materi Inspirasi membuktikan bahwa murid murid SMK Negeri 4 memang cerdas dan mempunyai banyak pemikiran. Hal itu terbukti dengan mengungkapkan makna Video yang ditampilkan, dan hasilnya sungguh memuaskan , jawaban dari para peserta membuat guru-guru terkagum dan kepala sekolah memberi hadiah kepada siswa-siswi yang berani mengungkapkan pendapatnya. Materi kedua oleh Bapa Kholil mendapat respon yang baik dari peserta dengan antusias menjawab pertanyaan yang diberi oleh kepala sekolah.

Setelah semua materi peserta menjalankan coffee break, dan kembali menuju Wisma untuk istirahat dan akan dibangunkan pada saat waktu yang di tentukan. Sepertiga malam tiba peserta di bangunkan oleh panitia untuk segara bangun dan menuju Mesjid untuk melaksanakan sholat Tahajud, setelah selesai melaksanakan sholat Tahajud semua peserta kembali berbaris rapih untuk melaksanakan kegiatan berikutnya, yaitu pembinaan berkarakter yang mengedepankan HAM atau tidak ada ancaman fisik oleh panitia, setelah selesai semua kembali ke wisma untuk beristirahat kembali dan bersiap membersihkan diri untuk melakukan senam pagi, makan pagi dan JALAN SEHAT. Siang harinya semua kembali ke VILLA untuk makan siang dan bersiap melakukan APEL PENUTUP KEGIATAN oleh Pak Samsul Fajri. (Dimas.N)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X