Pengumuman: Pelaksanaan PPDB Online Provinsi DKI Jakarta tidak dipungut biaya (GRATIS)

DAFTAR
Kegiatan siswa

Pembelajaran Dengan Media Alam Sekitar Observasi ke Kebun Binatang Ragunan

Jakarta-KIR4. Salah satu materi yang disukai anggota KIR SMKN 4 adalah observasi. Kegiatan yang mengambil lokasi di Ragunan menjadi tempat yang paling rutin dikunjungi tiap angkatan KIR. Tepat di hari sabtu eskul KIR 4 melakukan observasi berangkat menuju ragunan bersama Pembina KIR dengan membawa peralatan yang siap untuk kegiatan di sana(4/2).

“Kegiatan observasi ini sebagai pembelajaran di luar menyatu dengan alam dan ajang rekreasi” Ujar Pak Asep sebagai Pembina KIR SMKN 4 Jakarta. Setelah sampai di lokasi mereka beristirahat untuk menikmati perbekalan yang dibawa masing-masing, terlihat tampak senangnya mereka tawa canda dan kepedulian sesama anggota KIR seperti berbagi makanan dengan yang tidak membawa makanan. Acara dilanjutkan dengan pengamatan yang dibuat perkelompok, materi yang dicari menyesuaikan tempat yang dijadikan lokasi seperti mencatat nama-nama binatang lengkap dengan nama latin dan asal-usul binatang tersebut.  Tepat pukul 14.00 WIB mereka menyelesaikan tugas yang telah diberikan sesuai materi observasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan game dari game tersebut bukan hanya senang-senang, namun melatih kita untuk keberanian, berpikir kritis, dan kreatif. Kami makin menjaga kebersamaan dengan sholat berjamaah bersama anggota KIR. Salah satu game terlihat anak yang mendapat sanksi dari game yang sedang berlangsung yaitu ada pertanyaan berkaitan dengan eskul KIR, salah satunya pertanyaan apa tujuan kamu ikut kegiatan observasi? Dengan spontan anak menjawab “mengetahui informasi secara langsung tentang identitas binatang dan sebagai ajang rekreasi bersama-sama teman KIR” tak terasa waktu menunj ukan pukul 16.30 kami pun mengakhiri kegiatan observasi hari ini.(Asep)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button