Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Orientasi Eskul KIR4 Tahun Ajaran 2016/2017

Orientasi Eskul KIR4 Tahun Ajaran 2016/2017

Jakarta, KIR4 – Training Center (Pengukuhan) dengan tema Fast, Fun dan Find diselenggarakan pada hari Sabtu- Minggu 15-16 Oktober 2016 yang berlokasi di Sekolah SMK N 4 Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh calon KIR4  kelas 10 yang terdiri dari berbagai jurusan dan berbagai karakteristik sikap para peserta.

Tujuan di adakannya kegiatan tersebut adalah untuk menetapkan mereka sebagai anggota baru Kelompk Ilmiah Remaja SMK N 4 Jakarta dan mendidik karakteristik serta akhlak yang baik untuk menjadi pribadi yang baik di diri mereka masing – masing maupun di kehidupan berorganisasi serta bersosialisasi pada orang lain.

Peserta Kelompok Ilmiah Remaja kelas 10 ini hadir dengan menggunakan seragam putih abu – abu seperti kegiatan sekolah seperti biasa, mereka hadir pukul 15.00 dan langsung menyelenggarakan kegiatan pertama yaitu Apel Pembukaan yang dipimpin oleh Ferry Dwi Fajar Setiawan dan pembina Apel Bpk. Asep Gunawan selaku pembina Kelompok Ilmiah Remaja.

whatsapp-image-2016-10-18-at-14-33-19Setelah kegiatan Apel Pembukan pukul 16.00 – 17.30 pengecekan perlengkapan dan kesehatan bagi para peserta Training Center Kelompok Ilmiah Remaja, pukul 18.00 – 19.00  mereka melaksanakan Sholat Maghrib berjamaah dan makan malam. Pukul 19.20 mereka melaksanakan Sholat Isya kemudian melanjutkan materi ruangan sampai pukul  22.15

Materi pertama dibawakan oleh Ka Mukhlisin Nallahuddin dengan materi Kepemimpinan menurut Ka Mukhlis “untuk menjadi seorang pemimpin itu memiliki berbagai macam kaarakteristik yang memengaruhi termasuk gaya pemimpin tersebut, semua orang layak menjadi pemimpin asalkan mau memimpin dan mau dipimpin”

Materi kedua yaitu The Art of Cummunication yang dibawakan oleh Ferry Dwi Fajar Setiawan dan Miftah Fauzi selaku Ketua Kelompok Ilmiah Remaja periode 2015 – 2016 dan seksi divisi Editing

Materi ketiga dibawakan oleh Ka Fajri Fud Hasyim yaitu tentang 7 langkah menjadi manusia yang produktif

Setelah materi ruangan kegiatan selanjutnya adalah persiapan tidur untuk peserta Training Center sampai pukul 00.15 mereka melaksanakan Sholat tahajud, kemudian setelah mereka sholat mereka harus melaksanakan Jurit Malam.

whatsapp-image-2016-10-18-at-14-33-16Di Jurit Malam tersebut disitulah mereka mulai diajarkan tentang Kepemimpinan, Inisiatif, Kreativitas, Kekompakan, dan Kesopanan. Apa itu kepemimpinan? Kepemimpinan itu merupakan suatu tindakan yang dapat mempengaruhi orang lain. Apa itu Inisiatif? Inisiatif merupakan perbutan atas kesadaran diri sendiri tanpa dorongan atau motivasi orang lain. Apa itu kreatifitas? Kreatifitas merupakan kegiatan untuk menciptakan suatu karya baru ataupun memperbarui penemuan/karya. Apa itu kekompakan? Kekompakan merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari rasa kekeluargaan/persaudaraan lebih dari sekedar kerjasama atau hubungan profesional biasa. Apa itu kesopaman? Kesopanan adalah sebuah tindakan menghargai orang yang lebih tua, menghargai disini yaitu baik dalam berbicara, menghargai pada saat yang lebih tua berbicara dll.

Setelah mereka melaksanakan Jurit Malam sampai pukul 05.00 kegiatan selanjutnya adalah sholat subuh berjamaah kemudian dilanjutkan renungan pagi, renungan pagi disini itu peserta harus merenungi kesalahan apa yang sudah mereka lakukan kemarin–kemarin. Sampai pada pengujung acara yaitu Apel Penutupan pada hari Minggu,16 Oktober 2016. (Audy.R)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X