Beranda » Kabar SMK » Berita » Tata Cara Mengikuti UKG online Tahun 2014

Tata Cara Mengikuti UKG online Tahun 2014

Hari ini 24 Februari 2014 – SMK Negeri 4 Jakarta sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) telah menyelesaikan pemekalan Operator dan teknis tata cara UKG Online 2014 di LPMP Jakarta, ada perbedaan sedikit dari tahun lalu dari sisi penyelesain soal untuk meminimalisir kesalahan dalam pengerjaan soal ujian

Peserta UKG Online minimal harus mengerjakan 50% dari soal yang tersedia, baru tombol selesai ( finish) akan aktif.

Berikut tata cara pelaksanaan UKG Online 2014

  1. Melakukan registrasi yaitu melapor kepada pengawas UKG di TUK tempat peserta akan mengikuti UKG dengan mengisi form registrasi yang disediakan oleh panitia.
  2. Setelah registrasi, peserta memasuki ruangan minimal 30 menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya. Kartu peserta UKG tahun 2014 wajib dibawa. Identitas lainnya yang dimaksud adalah :
    • Kartu peserta UKG (dicetak melalui AP2SG)
    • Surat tugas dari Kepala Sekolah
    • – Kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor asli) yang sah dan masih berlaku
  3. Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis. Pengarahan ini akan memakan waktu lebih kurang 15 menit.
  4. Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta uji kompetensi guru dan NUPTK. Jangan memberi tahu nomor peserta dan NUPTK kepada orang lain. Hal ini untuk menghindari penggunaan NUPTK dan nomor peserta oleh orang yang tidak berhak. Karena apabila digunakan oleh orang lain meskipun untuk “coba-coba”, sistem akan mencatat bahwa pemilik NUPTK dan nomor peserta tersebut telah mengikuti UKG. Dan peserta yang sesungguhnya tidak akan bisa mengikuti ujian lagi.
  5. Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit menggunakan soal ujicoba atau soal latihan. Manfaatkan kesempatan untuk latihan selama 15 menit. Dengan berlatih sebelumnya, guru diharapkan akan terbiasa ketika akan menjawab soal UKG yang sesungguhnya dan terhindar dari kesalahan teknis yang dapat menyebabkan kegagalan dalam UKG.
  6. Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin, sebab, soal yang ditampilkan dapat dilihat berulang kali sehingga banyak kesempatan untuk melakukan koreksi terhadap j awaban yang telah diberikan. Koreksi terhadap jawaban yang telah diberikan dapat dilakukan dengan mudah.
  7. Waktu ujian akan tampil di layar komputer dan mulai menghitung mundur saat soal ujian mulai diakses. Tidak usah khawatir apabila terlambat hadir. Karena alokasi waktu setiap peserta adalah sama, meskipun telat, waktu yang disediakan oleh sistem untuk ujian yang sesungguhnya adalah 120 menit. Namun demikian, sebaiknya datang tepat waktu.
  8. Menjawab soal ujian dengan cara memilih jawaban benar menggunakan mouse atau memilih jawaban benar dengan menekan keyboard (huruf A atau B atau C atau D). Meskipun ada guru tidak terbiasa menggunakan komputer, namun dengan melakukan latihan, insyaAllah guru dapat menjawab pertanyaan dengan mudah. Sebab, jawaban hanya dilakukan dengan menekan salah satu tombol A atau B atau C atau D sebagai salah satu pilihan jawaban. Jawaban yang dipilih akan berubah warna dilayar monitor.
  9. Jika terjadi salah pilih jawaban, peserta dapat memperbaiki jawaban dengan cara yang sama pada butir 8 di atas. Mengganti jawaban beberapa kali dapat dilakukan dan tidak mengurangi nilai peserta, namun harus dipertimbangkan waktunya.
  10. Soal akan muncul di layar komputer satu per satu.
  11. Apabila soal terlihat kurang jelas karena tulisan terlalu kecil, kita dapat merubah ukuran tampilan soal dilayar dengan menekan tombol + untuk memperbesar dan menekan tombol – untuk memperkecil ukuran huruf soal dilayar.
  12. Jika ada soal yang tampil tidak sempurnya, tekan tombol reload untuk memanggil kembali soal.
  13. Peserta UKG Online wajib mengerjakan minimal 50% dari soal yang tersedia, untuk meminimalisir kesalahan.
  14. Aplikasi UKG online akan berhenti secara otomatis pada saat waktu ujian telah selesai.
  15. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, hasil UKG tahun 2014 tidak dapat dicetak melalui server pengelola. Hasilnya akan direkap oleh server pusat dan akan dipublish melalui website dan diinformasikan melalui Dinas Pendidikan masing-masing.

Demikian beberapa hal yang perlu dicermati oleh calon peserta UKG tahun 2014. Semoga bermanfaat.

sumber : http://forumptk.org

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X