Beranda » SNMPTN 2014 » Ini Pola Penerimaan Maba PTN di 2014

Ini Pola Penerimaan Maba PTN di 2014

BANDUNG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberlakukan tiga pola penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di 2014.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, saat launching program SNMPTN, di Hotel Grand Preanger, Bandung, Rabu (11/12/2013) malam.

“Pertama berdasarkan prestasi akademik siswa, seperti rapor, hasil UN, dan prestasi yang lain. Kedua, biaya ditanggung pemerintah. Ketiga, minimal 50 persen kuota daya tampung setiap PTN/program studi (prodi),” jelas dia.

Dibeberkan Nuh, sistem penilaian untuk SNMPTN menggunakan tiga indeks atau faktor, yaitu siswa, sekolah, dan wilayah. Penilaian selanjutnya melalui indeks siswa dengan indikator, yaitu nilai rapor, kelengkapan nilai rapor.

“Serta pencapaian nilai pelajaran dibanding Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), nilai UN, dan prestasi lainnya,” papar Nuh.

Banyaknya jumlah lulusan sekolah menengan atas sebesar dua juta lebih, membuat pemerintah harus mengantisipasi dan memfasilitasi calon mahasiswa baru (maba) agar mudah melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Tugas kita itu memfasilitasi agar mereka lulus, dengan mudah melanjutkan ke perguruan tinggi. Paling tidak kita membuka kesempatan yang sama, prinsip inilah yang kita pegang. Jangan sampai siswa yang di daerah tidak bisa melakukan itu, saya ingin memberikan kesempatan bagi mereka untuk masuk ke PTN secara sama,” pungkas dia. (ade)

sumber : http://kampus.okezone.com

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X