Beranda » SNMPTN 2014 » 63 Kampus Negeri Terima 150 Ribu Mahasiswa

63 Kampus Negeri Terima 150 Ribu Mahasiswa

BANDUNG – Panitia SNMPTN 2014 belum menentukan berapa kuota peserta yang akan diterima di semua perguruan tinggi negeri (PTN). Tapi perkiraan awal, peserta SNMPTN yang akan diterima mencapai 150 ribu orang.

“Daya tampung tahun lalu untuk SNMPTN ada sekira 140 ribu orang. Tahun ini mestinya lebih banyak karena ada PTN yang mau digabungkan yaitu UIN di Palembang,” kata Akhmaloka, panitia SNMPTN 2014, di Hotel Grand Royal Preanger, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/12/2013).

Saat ini, panitia masih harus menghitung berapa kuota peserta yang akan diterima di PTN. Yang jelas, para peserta SNMPTN akan memperebutkan kursi di 63 PTN. “Kita perkirakan minimal daya tampung fin nanti sekira 150 ribu orang,” ungkapnya.

Ketua Panitia SNMPTN 2014, Ganjar Kurnia, menyebut ada beberapa kriteria agar peserta bisa ikut dalam SNMPTN dan diterima di PTN yang dituju. “Ada beberapa variabel yang akan menentukan,” ucapnya.

Untuk sistem penilaian seleksi, pertama meliputi tiga indeks atau faktor yaitu siswa, sekolah, dan wilayah. Kedua indeks siswa dengan indikator nilai rapor, kelengkapan nilai rapor, dan pencapaian nilai pelajaran dibanding kriteria ketuntasan minimal, nilai ujian nasional, dan prestasi lainnya.

Ketiga, indeks sekolah dengan indikator nilai rata-rata ujian nasional, nilai SBMPTN alumnya, akreditasi sekolah, serta jumlah siswa yang diterima di PTN melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN tahun sebelumnya. Penilaian keempat adalah indeks wilayah dengan mempertimbangkan azas pemertaan. Terakhir, kebijakan sistem penilaian lokal diserahkan kepada masing-masing PTN.

Untuk jadwal pelaksanaan SNPTM, pada 6 Januari hingga 6 Maret dilakukan pengisian PDSS. Pada 17 Februari hingga 31 Maret dilakukan proses pendaftaran. Proses seleksi akan dilakukan pada 1 April hingga 26 Mei.

Selanjutnya proses pengumuman akan dilakukan pada 27 Mei. Terakhir, pendaftaran ulang di masing-masing PTN dilakukan pada 17 Juni. Peserta yang tidak melakukan daftar ulang akan dinyatakan mengundurkan diri. (ade)

sumber : http://kampus.okezone.com

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X