Ikut SNMPTN 2014, SMK Harus Daftar Sesuai Prodi

BANDUNG – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kembali digelar. Sistem pendaftaran SNMPTN 2014 pun hampir sama dengan tahun ini.

“Secara prinsip tidak ada perbedaan antara SNMPTN tahun sebelumnya dengan tahun depan,” ujar Ketua Umum SNMPTN 2014 sekaligus Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA di Hotel Grand Preanger, Bandung, Rabu (11/12/2013) malam.

Adapun dalam penerimaan siswa SMK/MAK, siswa tersebut hanya diterima pada program studi (prodi) yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“SMK itu setiap universitas ditentukan sesuai dengan prodinya. Misalnya ada SMK Tata Boga yang mendaftar ke jurusan Kedokteran, maka tidak relevan. Tahun ini untuk penerimaan SMK di setiap universitas bisa diterima sesuai dengan prodinya,” ucapnya.

Dalam sistem penilaian seleksi, tambah dia, menggunakan tiga indeks atau faktor, yaitu siswa, sekolah, dan wilayah. Sementara indeks siswa dengan indikator, yaitu melalui nilai rapor, kelengkapan nilai rapor, dan pencapaian nilai pelajaran dibanding Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), nilai UN, serta prestasi lainnya.

“Indeks sekolah dengan indikator, yaitu nilai rata-rata UN, nilai SBMPTN alumninya, akreditasi sekolah, dan jumlah siswa yang diterima di PTN melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN tahun sebelumnya. Indeks wilayah dengan mempertimbangkan azas pemerataan, dan kebijakan sistem penilaian lokal diserahkan kepada masing-masing PTN,” pungkasnya. (ade)

sumber : http://kampus.okezone.com

Tinggalkan Balasan