Beranda » Kabar SMK » Berita » Upacara Memperingati Hari Pahlawan 2019

Upacara Memperingati Hari Pahlawan 2019

KIR 4, Jakarta – Pada hari Senin, 11 November 2019 seluruh warga SMKN 4 Jakarta telah melaksanakan upacara untuk memperingati perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kita. Tepat sekitar jam 07.40 WIB upacara bendera akan dimulai. Upacara ini dipimpin oleh Bapak Dr. Rianto Ritonga, M.M selaku Kepala Sekolah SMKN 4 Jakarta.

Semua warga SMKN 4 Jakarta dengan tertib mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan dengan seragam para guru memakai batik korpri dan siswa putih abu-abu lengkap dengan atribut mereka.Petugas upacara pun dengan sigap mengibarkan sang bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya. Suasana di lapangan sangat khidmat dan terlihat rapi tiap barisan baik guru maupun siswa.

Peringatan Hari Pahlawan ke 74 ini bertemakan ‘Aku Pahlawan Masa Kini’. Tema ini untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Seperti yang dikutip dalam pesan Pahlawan Nasional Muh. Hatta ”Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita”. “Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekadar nama dan gambar seuntaian pulau di peta. Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan Ibu Pertiwi”. Dari kutipan tersebut tergambar jelas bahwa pesan yang disampaikan oleh Bapak Hatta dapat kita cermati dan kita renungi untuk lebih baik lagi. Kehidupan dan kemajuan negara kita menjadi tanggung jawab kita di kemudian hari.

Menurut salah siswa dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan kelas XII “Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ini sangat bagus karna mengingatkan para siswa di SMK Negeri 4 Jakarta dan juga untuk siswa siswi di sekolah lainnya agar kita lebih mengingat bahwa perjuangan para pahlawan itu tidak semudah yang kita bayangkan”. Namun saya merasa kita sebagai pelajar mempunyai peranan penting membangkitkan pesan-pesan dari tiap pahlawan agar di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama pesan yang saya ingat dari pahlawan Ki Hajar Dewantara Ing Ngarso Sung Tulodo artinya di depan memberi contoh, Ing Madyo Mangun Karso artinya di tengah memberi semangat, Tut Wuri Handayani artinya di belakang memberi dorongan. (Karina / April)

Tinggalkan Balasan

X