Beranda » Kabar SMK » Berita » Pemahaman Listrik dari PLN Untuk Siswa-siswi

Pemahaman Listrik dari PLN Untuk Siswa-siswi

KIR 4, Jakarta – Listrik merupakan salah satu energi yang sangat dibutuhkan di zaman yang sudah modern ini. Tidak hanya itu listrik menjadi kebutuhan sehari-hari dan penting untuk meningkatkan teknologi dan memajukan Indonesia. Inilah yang membuat para narasumber dari pihak PLN ingin membagi sedikit ilmu tentang “PLN mengajar sosialisasi bahaya listrik” di lingkungan SMKN 4 Jakarta.  Acara dimulai sekitar pukul 09.00-11.30 di aula SMKN 4 Jakarta (Rabu,14/08/2019).

Narasumber yang yang mengisi kegiatan ini adalah kaka-kakak dari PLN yang terdiri dari beberapa Manajer dan Supervisor PLN UP3 Marunda. Peserta sosialisasi merupakan kelas XII dari beberapa jurusan seperti, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Permesinan, Teknik Pengelasan dan Teknik Audio Video.

Para peserta sosialisasi diberikan materi yaitu Definisi Listrik, Sejarah dan sampai Bahaya listrik bagi kehidupan manusia. Acara diawali dengan sambutan dari para Kakak-kakak PLN UP3 Marunda dan juga Kepala sekolah SMKN 4 Jakarta. Kepala sekolah SMK 4 Jakarta Bapak Diding Wahyudin, S.Pd,M.Si mengatakan bahwa SMKN 4 Jakarta akan berkolaborasi dan bekerja sama dengan PLN UP3 Marunda yang bertujuan untuk membuat Kelas PLN di Jurusan Listrik, Mekatronik, Elektronika dan Audio video dan kemungkinan besar para siswa SMKN 4 Jakarta dapat magang atau Praktik Kerja Lapangan di PLN UP3 Marunda.

Kakak- kakak PLN UP3 Marunda juga banyak menjelaskan Sejarah sampai dengan Bahaya penggunaan listrik. Mereka juga menampilkan beberapa video animasi yang menambah keseruan dan daya tarik materi yang disampaikan. Tidak lupa para peserta sosialisasi diajak untuk ambil peran dalam pembawaan materi ini, mulai dari diadakannya quis, tanggapan siswa tentang listrik , dan juga para peserta sosialisasi diperbolehkan untuk menanyakan beberapa pertanyaan yang menyangkut hal kelistrikan dan sebagainya. Peserta juga di beri hadiah jika pertanyaan dan jawaban mereka benar.

Tujuan diadakannya sosialisasi oleh PLN UP3 Marunda ini sebagai salah satu sumber pengetahuan tentang sistem listrik yang dibangkitkan oleh PLN sampai dengan listrik yang dipakai sehari hari oleh rumah rumah warga di seluruh Indonesia, dan yang paling utama adalah pemberitahuan tentang bahaya yang bisa terjadi jika pengguna atau pelanggan salah dan tidak paham tentang bahaya listrik yang bisa sampai menyebabkan hal hal yang tidak diinginkan.

Tujuan lainya, yaitu agar peserta sosialisasi mengerti mengapa listrik bisa mati, nah salah satu penyebab mati listrik yaitu, pemeliharaan alat alat listrik milik PLN, dari mulai generator pembangkit, tiang tiang transmisi, trafo, kabel dan alat alat listrik lainya. PLN UP3 Marunda berharap agar para peserta bisa bijaksana menggunakan dan memakai listrik sebagai mana mestinya. “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta, karena bisa menjadi salah satu sumber pengetahuan tentang lisrtik dan bahayanya” ucap salah satu peserta dari jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Acara sosialisasi ini ditutup dengan penyerahan souvenir kepada para peserta sosialisasi, dan dilanjutakn dengan menanam pohon bersama di taman SMKN 4 Jakarta. Tujuannya untuk menanamkan rasa cinta kepada lingkungan bisa dimulai dari hal yang kecil, salah satunya dengan menanam pohon. Dengan menanam pohon maka udara yang dihirup tetap bersih, ketersediaan air tanah tetap terjaga, maka dari itu sangat penting mengajarkan cinta lingkungan sejak dini. (Bowo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

X