Beranda » Kabar SMK » Berita » Tim SMK Indonesia Raih Perak dan Perunggu di WorldSkills Competition 2017, Abu Dhabi

Tim SMK Indonesia Raih Perak dan Perunggu di WorldSkills Competition 2017, Abu Dhabi

Setelah empat hari yang intens dan penuh keseruan dalam ajang WorldSkills Competition (WSC) ke-44 di Abu Dhabi. Akhirnya pada kamis malam, 19 Oktober 2017  para pemenang kompetisi di umumkan dalam sebuah upacara megah di stadion Yas du Arena.

Lebih dari 10.000 orang memenuhi stadion Yas du Arena, bersorak untuk tim favorit dan pesaing mereka. Para pemenang disebutkan dan dengan bangga mengenakan bendera mereka menuju panggung kemenangan, beberapa bersorak dan tersenyum, sementara yang lain meneteskan air mata untuk kesuksesan besar mereka.

WorldSkills Competition Abu Dhabi 2017, diikuti  dari seluruh dunia, sebanyak 1.300 pemuda terampil dari 59 negara anggota dan wilayah, serta 51 lomba keterampilan.

Dalam ajang bergengsi tersebut, Tim SMK Indonesia berhasil meraih 1 Medali Perak untuk kategori Restaurant Service oleh Andre Gilitasha dari SMKN 3 Malang dan 1 Medali Perunggu untuk Kategori Prototype Modelling oleh Rizki Dwi Afrianto dari  SMKN 1 Purworejo. Dengan prestasi tersebut Indonesia juga berhasil berada pada posisi ke 12 dari 59 negara. Sementara China memimpin medali dengan 15 medali emas, 7 perak dan 8 perunggu. Korea menempati posisi kedua dengan nilai medali dengan 8 medali emas, 8 perak, dan 8 perunggu. Swiss berada di posisi ketiga, meraih 11 medali emas, 6 perak, dan 3 perunggu. Tuan rumah, Uni Emirat Arab, memenangkan tiga medali untuk Excellence.

​​​​​Medali emas, perak, dan perunggu diberikan kepada peserta dengan peringkat tertinggi di setiap kompetisi keterampilan. Medali untuk Keunggulan juga diberikan kepada pesaing yang meraih nilai di atas rata-rata dalam keterampilan mereka.

Proses penilaian pemenang melalui sistem WorldSkills yang digunakan untuk menilai kompetensi dan keahlian yang selanjutnya mereka masukkan ke dalam Sistem Informasi Persaingan (Competition Information System – CIS).

Setiap perbedaan dalam hasil langsung ditangani oleh direktur kompetisi keterampilan dan administrator CIS. Begitu tanda dimasukkan ke dalam CIS, mereka terkunci, dan hasil sementara untuk kompetisi keterampilan individu dihasilkan.

Hasil akhir diratifikasi oleh Majelis Umum WorldSkills dan selanjutnya dikirim ke layanan web hasil WorldSkills.

Upacara Penutupan WorldSkills Abu Dhabi 2017 berakhir dengan penyerahan bendera WorldSkills ke host berikutnya, WorldSkills Kazan 2019. Kompetisi WorldSkills ke-45 akan diadakan di Rusia dari tanggal 29 Agustus – 3 September 2019 di Kazan, Rusia.

Kami Ucapkan Selamat kepada Tim SMK Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia di Kancah Internasional, SMK BISA, SMK HEBAT !

Sumber : http://psmk.kemdikbud.go.id/

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X