Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » MPLS 2017

MPLS 2017

KIR4, Jakarta– Tahun ajaran baru telah tiba SMKN 4 Jakarta menyambut peserta didik baru dengan mengadakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang diselenggarakan pada tanggal 10 -12 Juli 2017. Dengan memakai seragam SLTP peserta MPLS terlihat rapih untuk ikut Upacara Bendera bersama dengan siswa-siswi dan Bapak/Ibu guru di lapangan.

Berikut kutipan sambutan kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta pada Upacara Pembukaan MPLS yang dibacakan oleh Kepala Sekolah Bapak Drs. Kholil, M.Si “MPLS harus memuat materi Penguatan Pendidikan Karakter, Pemahaman wawasan kebangsaan/nasionalisme dan kepemimpinan serta wiyat mandala.” Pastikan dalam pelaksanaan MPLS ini tidak ada perpeloncoan, tindak kekerasan/bulliiying, dan penggunaan atribut yang tidak pantas/tidak patut dan tidak. Mari kita tumbuh kembangkan kemampuan anak-anak kita untuk senantiasa berpikir kritis, berkomunikasi efektif, bekerja sama dan berkreativitas yang dilandasi oleh karakter yang kuat untuk meraih prestasi yang tinggi.

Kegiatan MPLS di SMKN 4 Jakarta dilibatkan oleh guru-guru dan dibantu oleh pengurus OSIS agar kegiatan MPLS berjalan efektif dan menghindari perpeloncoan. Tujuan diadakan MPLS diantaranya memperkenalkan calon peserta didik pada lingkungan sekolah yang baru, memperkenalkan pada seluruh komponen sekolah beserta aturan,norma,budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.

Adapun materi MPLS di SMK Negeri 4 Jakarta sebagai berikut :

  1. Pengenalan Tata Tertib Sekolah
  2. Pengenalan KBM di Sekolah
  3. Pengenalan Lingkungan Sekolah
  4. Pengenalan Praktik Kerja Industri
  5. Sosialisasi Tertib Lantas
  6. Penyuluhan Kenakalan Remaja
  7. Pengenalan dengan jururuan masing-masing
  8. Pengenalan Eskul dan OSIS

Pemateri MPLS terdiri atas: Kepala Sekolah, seluruh Wakil Kepala Sekolah, Bimnas Polres Jakarta Utara, para Pembina Eskul dan dibantu pengurus OSIS.

Seluruh calon peserta didik baru sangat semangat mengikuti kegiatan MPLS di SMK Negeri 4 Jakarta, terlihat mereka mulai dari awal hingga akhir mengikuti dengan baik acara yang telah tersusun. Di SMK Negeri 4 Jakarta kedatangan tamu dari SUDIN Bapak Junaidi, Beliau memberikan motivasi kepada peserta MPLS di mana dengan memberikan sebuah materi yang membuat mereka semangat. “Untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan dengan cara usaha, sholat dan berdoa.” Kita tidak boleh sombong lebih tepatnya kita harus banyak bersyukur dengan apa yang kita miliki karena itu sebagai kunci kesuksesan. Mari kita sebagai pelajar di SMK Negeri 4 bersaing dalam hal prestasi ke hal yang positif bukan negatif seperti tawuran atau merokok. Buat kedua orang tua kita bangga dan guru-guru di sekolah.

Rangkaian acara telah dilalui oleh peserta MPLS saatnya apel penutupan untuk di resmikan sebagai siswa di SMK Negeri 4 Jakarta. kegiatan tersebut ditutup oleh Kepala Sekolah Drs. Kholil, M,Si dan melepaskan atribut seperti topi dan name tag sebagai simbol bahwa mereka sudah resmi menjadi warga di SMK Negeri 4 Jakarta. “Saya bangga bisa menjadi salah satu siswa di SMK 4 karena selain lokasi dari rumah cukup jauh, namun tak membuat saya tidak semangat untuk belajar karena cita-cita saya sesuai dengan jurusan yang saya ambil yaitu menjadi seorang Programmer yang professional” ujar salah satu siswa jurusan TKJ. (Asep)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X