Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Belajar Demokrasi dimulai dari sekarang ! ( Pemilihan Ketua OSIS 2018/2019 )

Belajar Demokrasi dimulai dari sekarang ! ( Pemilihan Ketua OSIS 2018/2019 )

KIR 4, Jakarta –  Ketua adalah posisi tertinggi dalam kelompok yang terorganisir seperti OSIS. Orang yang memegang posisi biasanya dipilih atau ditunjuk oleh para anggota kelompok, dalam pemilihan Ketua OSIS di SMK Negeri 4 Jakarta yang menerapkan sistem seperti PEMILU pada umumnya dengan asas LUBER-JURDIL (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil).

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) itu sendiri adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sederajat dan Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK) Sederajat. OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS yang memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.

Pada tanggal 28 dan 29 Maret 2018 telah berlangsung kegiatan Pemilihan  Ketua OSIS periode 2018/2019 yang diselenggarakan dengan rasa sportivitas yang tinggi sehingga tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan antar pendukung Kandidat. Berikut ini adalah Kandidat yang memperebutkan tanggung jawab sebagai Ketua OSIS : 1. Sigit Prastiyo ( X – Teknik Audio Video ), 2. Siti Hani (X – Teknik Audio Video ), 3. Rafli Fadillah Amri ( X – Teknik Instalasi Tenaga Listrik ), 4. Ahmad Khairul Reza (X – Design Pemodelan Informasi Bangunan ), 5. Hermawan Sosilo ( X – Teknik Pemesinan ).

Acara dimulai dengan Apel pembukaan (Rabu,28/3/18) dengan Pembina Apel yaitu Bapak Edi Supriadi menyampaikan mengenai kegiatan yang akan dilakukan pada hari rabu dan kamis. Dilanjutkan dengan pengenalan Kandidat Ketua OSIS dan penyampaian Visi Misi. Setelah Apel selesai, kegiatan yang dinanti-nantikan oleh siswa-siswi pun tiba yaitu Kampanye ke tiap-tiap kelas dan Bengkel dimana mereka dapat bertanya mengenai Visi Misi dari para kandidat sekaligus meyakinkan hak suara mereka yang akan di tunaikan esok hari.

Kamis (29/3/18) Pemilihan Ketua OSIS yang dilaksanakan di Sport Center, dengan rapi dan teratur para siswa-siswi memasuki tempat menunaikan hak suara. Setelah Pemilihan, kegiatan Perhitungan suara yang disaksikan oleh para Pembina dan Ketua Kelas dengan sejujur-jujurnya dan kandidat yang terpilih menjadi Ketua OSIS SMK Negeri 4 Jakarta adalah No urut 5 yaitu Hermawan Sosilo. Diharapkan kepadanya dapat menjadi sosok yang bisa mempin dengan baik dan memliki sikap yang dapat dicontoh kepada seluruh warga SMK Negeri 4 Jakarta.

Pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS dengan sistem PEMILU ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi secara langsung sehingga kedepannya saat menghadapi PEMILU Kepala daerah maupun Presiden tidak akan canggung lagi, karena memiliki pengalaman saat duduk di SMK Negeri 4 Jakarta. “Saya deg-deg an ka, mungkin ini karena baru pertama kali dan akan jadi pengalaman saya yaitu menjadi pemimpin siswa di sini dengan tanggung jawab besar yang takkan saya sia-siakan”Ucap Ketua OSIS Periode 2018/2019. (Amel)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X