Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Lomba Cerdas Cermat Tingkat Sudin Wilayah II Jakarta Utara

Lomba Cerdas Cermat Tingkat Sudin Wilayah II Jakarta Utara

KIR 4, Jakarta – Pada tanggal 26-27 Oktober 2017 telah terlaksana Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar(NKRI,PANCASILA,UUD 1945, dan BHINEKA TUNGGAL IKA) Kebangsaan tingkat Sudin wilayah II Jakarta Utara bagi siswa SMK. Jumlah peserta sebanyak 29 sekolah yang mengikuti lomba cerdas cermat. SMK Negeri 4 Jakarta sebagai tuan rumah dalam perlombaan, ruang Multimedia salah satu tempat berlangsungnya cerdas cermat(26/10/2017).

Hari pertama Kegiatan dimulai dengan doa yang dipimpin oleh MC yaitu Bapak. Tri Handito Guru dari sekolah SMK Perguruan Cikini, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Bapak Momon Sulaeman Selaku Kepala Suku Dinas Wilayah II Jakarta Utara. Perlombaan ini dihadiri oleh Bapak Dudung Durochim selaku Kepala Seksi Suku Dinas, Bapak Diding Wahyudin selaku Kepala sekolah SMK Negeri 4 Jakarta sekaligus memberikan sambutan untuk membuka acara ini. “Acara seperti ini penting untuk dikuti oleh seluruh sekolah , karena tugas sekolah ya membuat siswanya menjadi siswa kompeten”. Kompeten itu artinya mempunyai pengetahuan (Knowledge), kemampuan (Skill), dan sikap (Atttitude).” ujar Bapak Dudung selaku Kepala Seksi Suku Dinas Jakarta Utara.

Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar ini yang menjadi juri adalah Ibu Sri Ulina dari SMK Sehahtera , Ibu Eka dari SMK Perguruan Cikini dan Bapak Hadi Hadede dari SMA Al-Azhar. Tahap penyeleksian meliputi dari 29 sekolah yang hadir dibagi menjadi 3 tim. Tim A, Tim B, dan Tim C. Dibabak penyisihan, peserta akan mengerjakan 50 butir soal yang telah disiapkan oleh panitia dan dikerjakan selama 60 menit. Setelah 60 menit , peserta diarakan ke tempat awal di Multimedia SMKN 4 Jakarta untuk menunggu hasil. Di babak penyisihan , terdapat 2 sekolah yang akan lolos dimasing- masing tim untuk meneruskan ke babak selanjutnya. Setelah dilakukan pengecekkan dengan mengakumulasikan nilai dari 3 anggota, sekolah yang berhasil lolos dari TIM A adalah SMK Sejahtera(150 poin) dan SMKN 4(150 poin). Tim B yaitu SMKN 33 dan SMK Strada. Tim C yaitu SMKN 49 dan SMKN 36. Dari hasil yang telah didapat dan telah terseleksi oleh juri diumumkanlah sekolah yang mendapatkan Juara Harapan  yaitu: juara Harapan 1 SMK Sejahtera, juara Harapan 2 SMKN 36 Jakarta dan juara Harapan 3 SMK Strada.

Hari kedua Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar terbagi menjadi 3 sesi yaitu sesi pertanyaan wajib, sesi pertanyaan lemparan ,dan sesi pertanyaan rebutan. Juri di Hari kedua adalah Bapak Abdul Rahman dari SMKN 4 Jakarta , Ibu Eka dari SMK Perguruan Cikini dan Bapak Hadi Hadede dari SMA Al-Azhar. Tahap penentuan ini membuat para peserta makin tegang untuk bisa merebutkan gelar sebagai juara 1. Banyak dukungan dari tiap supporter masing-masing sekolah. Akhirnya lomba LCC pun berakhir dan dewan juri berdiskusi untuk mengumumkan siapa yang berhasil menjadi pemenang dalam lomba LCC ini. Pengumuman pemenang pun dibacakan dan sebagai juara 1 dari SMKN 4 Jakarta, juara 2 dari SMKN 33 Jakarta, dan juara 3 dari SMKN 49 Jakarta.

Acara terakhir yaitu pembagian sertifikat untuk peserta dan para guru pembimbing Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar ini , sekaligus pemberian piala dan piagam bagi para juara. Piala dan piagam juara 1, 2 , dan 3 diberikan oleh Bapak Dudung Durochim selaku Kepala Seksi Sudin Jakarta Utara. Piala dan Piagam juara harapan 1, 2 ,dan 3 diberikan ole Bapak Kepala Sekolah SMKN 4 Jakarta yaitu Bapak Diding Wahyudin. “Kami terkesan bangga telah mewakili SMKN 4 Jakarta untuk mengikuti lomba LCC tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika yang diadakan di sekolah tercinta ini” ujar Alvin saat diwawancarai selesai lomba. Semua usaha yang telah kami perjuangkan adalah untuk kemenangan kita semua. Kami pun berterima kasih untuk pembimbing kami Bapak Rahman, kerena bimbingannya kami bisa sampai mendapatkan juara 1. (Intan)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

X