Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS

Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS

KIR 4, Jakarta –  Jumat 29 – 30 Maret 2019 organisasi intra sekolah atau OSIS bersama pembina dan para peserta LDKO melaksanakan kegiatan LDKO di BUPERTA Cibubur. Kegiatan ini diadakan dalam rangka melahirkan pemimpin yang jujur tangguh dan bertanggung jawab. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya dari anggota OSIS tetapi juga dari perwakilan setiap jurusan dan ekskul.

Keberangkatan rombongan LDKO ini pada hari Jumat pukul 6.30 sampai di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB. Acara pertama APEL pembukaan yang membuka kegiatan tersebut Bapak Awalusilman sebagai Wakil Kesiswaan. Beliau mengatakan kegiatan LDKO bukan sekadar mencari ilmu (belajar) atau pengalaman, tapi mencari bibit-bibit yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan bertanggung jawab dalam berorganisasi. Kegiatan materi pertama dari pembina Pramuka tentang kepemimpinan. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan berkelompok. Tiap kelompok dan sistem kegiatannya pos to pos yang terbagi menjadi 5 pos yaitu kepemimpinan, solidaritas, wiyata mandala, organisasi, dan keagamaan. Setiap pos tersebut terdapat rintangan untuk diselesaikan yang membutuhkan kekompakan, pemikiran kritis, serta kepercayaan terhadap pemimpin yang menjadi tujuan dari LDKO ini. Para peserta mengikutinya dengan antusias dan semangat. Begitu pula dengan para pembina yang bertugas sebagai panitia ikut berpartisipasi ikut mendampingi ditiap rangkaian kegiatan.

Berbagai permainan dan unjuk bakat dalam kegiatan LDKO ini agar semua peserta lebih kompak dan berpikir memecahkan sesuatu hal dan sebagai hiburan dikala materi belum dipaparkan oleh narasumber. Selama 2 hari di Cibubur berbagai macam materi dan kegiatan telah dilakukan oleh para peserta dan tiba di di akhir acara dalam APEL penutupan, sebagai Panitia pelaksana Bapak Fauzi berharap peserta LDKO menjadi seorang pemimpin yang tangguh, jujur, dan bertanggung jawab sebagaimana dengan tujuan LDKO tersebut. “Awalnya saya tidak mau untuk ikut LDKO, namun ketika saya menjalankannya ternyata seru juga banyak pengalaman dan ilmu yang didapatkan dari kegiatan tersebut” ucap salah seorang anggota kelompok 5 peserta LDKO. (Nanda)

Tinggalkan Balasan

X