Workshop Penyusunan KTSP

KIR4, Jakarta –  Sebagaimana dalam pendidikan di Indonesia yang makin berkembang kurikulum pun mengikuti dan selalu ada perbaikan dalam dunia pendidikan. Kurikulum itu dapat diartikan peran mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalam suatu periode jenjang pendidikan. Kegiatan yang berlokasi di SMK Negeri 4 Jakarta mengundang Bapak Pengawas SMK Sudin Jakarta Utara yaitu Bapak Kastolani dalam acara “Workshop Penyusunan KTSP Buku 1 dan 2”(17/7).

Dalam acara tersebut susunan acara meliputi

  1. Pembukaan Wakil Kurikulum Bapak Abdul Basit
  2. Pengarahan Pengawas Bapak Kastolani tentang penyusunan KTSP yang mantap terutama untuk akreditasi A.
  3. Materi Utama oleh Bapak Suwarkono (LPMP DKI JAKARTA) tentang perangkat pembelajaran.

Di dalam Dokumen Buku 1 Kurikulum berisikan: Visi-Misi, Profil Lulusan, SKL, Struktur Kurikulum, Kalender Pendidikan (TIM Penyusun Kurikulum).

Dokumen Buku 1 Kurikulum : Silabus RPP (Individu/TIM MGMP Mapel)

  1. Program Tahunan dan Semester
  2. Silabus
  3. RPP harus lengkap dan runtut sesuai prosedur setiap Kompetensi Dasar

Yang perlu dilakukan perubahan atau revisi pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian. Pembelajaran yang membangun performa Berdasarkan acuan kriteria (KKM) bukan acuan norma (rata-rata kelas) tetapi KKNI (Kriteria Kualifikasi Nasional Indonesia) atau SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).

Tinggalkan Balasan