Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Pelantikan Calon Pramuka Penegak di SMK Negeri 4 Jakarta Tahun ajaran 2016/2017

Pelantikan Calon Pramuka Penegak di SMK Negeri 4 Jakarta Tahun ajaran 2016/2017

Jakarta KIR4­– Sabtu,22 Oktober 2016, SMK Negeri 4 Jakarta mengadakan kegiatan kepramukaan  dan pelantikan penegak. Kegiatan kepramukaan ini adalah pengganti LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa).

Sebelum kegiatan di mulai seluruh siswa-siswi dikumpulkan menuju lapangan untuk apel, di mana sebagai pembina apel adalah Bapak Kepala Sekolah Drs. Kholil, M.Si beliau mengatakan “ Kegiatan kepramukaan ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa lebih berjiwa kepemimpinan dan jiwa nasionalis”.  Seluruh peserta calon penegak adalah siswa-siswi kelas X SMK Negeri 4 Jakarta. Para peserta mendapatkan materi di setiap pos seperti; pos agama, pos nasionalis, pos scout, pos karya, pos kesehatan, dan pos PBB (Pelatihan Baris Berbaris). Setiap pos terdapat Pembina eskul, guru, anak pramuka dan perwakilan tiap eskul untuk melancarka proses kegiatan tersebut.

Kegiatan kepramukaan ini termasuk ke dalam kurikulum 2013 yang mewajibkan pramuka. Sebagaimana yang tertera dalam UU No 12 tahun 2010 tentang  “Wajib pramuka” ujar  Bapak Komarudin selaku Pembina pramuka di SMK Negeri 4 Jakarta.Enam materi pos ini berasal dari sepuluh Dasadarma pramuka yaitu:

  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih saying sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan kesatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil dan gembira
  7. Hemat, cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

Inti dari keseluruhan pos yang ada diharapkan para peserta calon pramuka penegak dapat mengaplikasikan di sekolah terutama di lingkungan SMK Negeri 4 Jakarta. Tibalah dipuncak acara di mana seluruh peserta untuk berbaris di lapangan untuk proses peresmian sebagai pramuka penegak di SMK Negeri 4 Jakarta. Saat penutupan apel yang menjadi Pembina apel adalah Bapak Komarudin selaku Pembina pramuka sebagai simbolis mereka resmi sebagai pramuka penegak dengan memakai kacu pramuka. (Asep.G)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X