Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » CORAL DAY 2016

CORAL DAY 2016

PESISIR BERSERI DI PULAU TIDUNG

Sabtu, 13 Agustus 2016

JAKARTA, KIR4  – CORAL DAY 2016 diselenggarakan pada hari Kamis 11 Agustus 2016 dengan tema yaitu “DARI KITA UNTUK BUMI”. Seluruh siswa dari berbagai sekolah di Daerah Jakarta Utara khususnya diundang dalam acara CORAL DAY 2016 yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan tingkat DKI JAKARTA dengan mengabil lokasi di Kepulauan Seribu tepatnya di Pulau Tidung. Ragam kegiatan disana ada banyak sekali meliputi Pengamatan Mangrove, Pengamatan Karang Laut, Lamun laut, Pengamatan Terumbu Karang dan sebagainya.

Hari pertama yaitu Kamis 11 Agustus 2016  kami perwakilan tiap sekolah datang dan berkumpul di Dermaga Ancol untuk segera meluncur ke Pulau Tidung. Setelah sampai disana kami melaksanakan acara Pembukaan dan sambutan daari Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI JAKARTA, beliau berpesan bahwa “Cintailah alam sekitarmu salahsatunya adalah lingkungan ekosistem laut, lestarikan kekayaan alam yang kita punya karena kekayaan alam merupakan Anugerah Tuhan Yang Maha Esa, karena kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi” dibarengi oleh Pemberian Mangrove secara simbolis kepada peserta Coral Day 2016 dan pembagian kelompok untuk setiap perwakilan sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan Pengamatan Mangrove beserta menanamnya, sebelum menanam kami diberi arahan bagaimana cara menanam mangrove yang tepat. Satu kelompok diberi kesempatan untuk menanam sedikitnya 125 buah bibit Mangrove siap tanam, karena target penanaman 1000 bibit Mangrove. Tujuan penanaman Mangrove itu sendiri adalah untuk mencegah abrasi pantai yang sewaktu – waktu dapat terjadi tanpa kita ketahui. Setelah Pengamatan dan Penanaman Mangrove kita menuju Tidung Kecil karena disana kita akan melakukan Pengamatan Karang Laut. Setalah Pengamatan Karang Laut kegiatan kami selanjutnya adalah Isoma (Istirahat Sholat Makan). Setalah semua beres Isoma kegiatan selanjutnyaa adalah Pengamatan Lamun Laut. Sehabis Pangataman Lamun kami Snorclling untuk mengamati terumbu karang dan hewan yang ada dilaut. Sungguh indah pemandangan dibawah laut, sebelum kami masuk keair kami dibekali perlengakapan yaitu Pelampung dan selang oksigen untuk berda di dalam air agar objek di sana terlihat jelas dan untuk yang belum mahir berenang di beri pelampung agar bisa terapung tanpa tenggelam. Pada malam harinya kami mendapat materi Dasar – Dasar Editing Video dan setiap kelompok di tugasi untuk menciptakan video yang telah diedit seunik mungkin karena yang paling bagus akan mendapatkan reward, jangka waktu diberikan sampai tanggal 14 Agustus 2016.

P_20160811_134413 (Small)Hari kedua yaitu Jum’at 12 Agustus 2016, sudah 2 hari kami berada disana pagi harinya kami mengawali kegiatan dengan senam pagi yang dipimpin salah satu perwakilan sekolah yaitu SMK Pelayaran Jalasena, seusai senam pagi kami sarapan karna kegiatan selanjutnya adalah Pembersihan pesisir pantai. Kemudian kegiatan kami dilanjutkan pada sholat Jum’at sekaligus tausiah dari Ustadz yang cukup terkenal yaitu Ust. Fikri Haikal MZ

P_20160811_110722 (Small)

P_20160811_112926 (Small)Itulah Ragam kegiatan dari Coral Day 2016 yang dapat saya laporkan, hargailah dan cintailah alam beserta kekayaan karena itu juga merupakan ciptaan Tuhan yang harus kita pelihara dan  dilestarikan, seburuk apapun keadaan lingkungan tersebut apabila kita ulurkan tangan untuk melestarikan nya, maka sekecil apapun bantuan kita itu berarti besar untuk kelangsugan hidup ini.   (AudyR)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X