Pengumuman: Pelaksanaan PPDB Online Provinsi DKI Jakarta tidak dipungut biaya (GRATIS)

DAFTAR
Berita

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016

Kamis, 10November 2016

Jakarta, KIR4 – Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Tak terasa semua berlalu begitu saja tanpa kita ketahui banyak perubahan – perubahan yang signifikan mulai dari budaya sampai moral bangsa Indonesia ini. Sebagai generasi penerus bangsa kita harus meneruskan cita – cita bangsa dan menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap bangsa ini.

Sebagai bentuk partisipasi kita terhadap perjuangan para pahlawan yag telah gugur, diadakan nya Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang diselenggarakan di seluruh sekolah, termasuk SMK Negeri 4 Jakarta. Pasukan Pengibar Bendera SMK Negeri 4 dengan bangga dan penuh rasa hormat menjalankan sebuah kepercayaan untuk menaikan Sangsaka Merah Putih dan diiringi oleh lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Upacara pun terlaksana dengan khidmat yang diikuti oleh seluruh warga SMK N 4 Jakarta. Setelah pengibaran bendera sosok Bapak Budi dengan lantang membacakan kata mutiara dari tiap-tiap pahlawan.

Peringatan hari pahlawan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa sangat besar. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Sosial Republik Indonesia dalam isi teks pidato yang dibacakan oleh Pembina Upacara yaitu Bapak Drs. Kholil, M.Si selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Jakarta“ Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat pahlawan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi”. Tema Hari Pahlawan 2016 yaitu “Satukan Langkah Untuk Negeri.” Dari tema ini juga mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai.

Selain itu melalui peringatan Hari Pahlawan 2016 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Asep)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button