Beranda » Kabar SMK » Berita » Job Fair 2019

Job Fair 2019

KIR 4, JAKARTA – Kamis, 12 September 2019, telah diadakan Job Fair atau Job Matching 2019 yang bertempat di Aula SMK Negeri 4 Jakarta Tema yang diangkat pada acara ini adalah “Melalui Job Fair atau Job Matching kita bangun generasi muda yang siap menghadapi tantangan diera revolusi 4.0”. Acara ini terispirasi dari acara Expo dan Job Matching di Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Jadi, SMKN 4 mencoba untuk menerapkan kegiatan ini, dengan tujuan :

  1. Meningkatkan hubungan kerjasama SMK dengan dunia usaha dan dunia industri.
  2. Meningkatkan daya serap dunia usaha dan dunia industri terhadap tamatan SMK.
  3. Mempertemukan tamatan dengan dunia usaha dan dunia industri yang membutuhkan pekerjaan.
  4. Meningkatkan wawasan tamatan SMK tentang peluang kerja di dunia usaha dan dunia industry.

Wakil Hubungan Industri di SMKN 4 Jakarta Bapak Abdul Basit mengatakan Job Fair/Job matching SMKN4  diadakan dalam rangka menjawab tantangan kebutuhan sumber daya di era revolusi industri 4.0 dan berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimulai tahun 2015 hingga 2030. Perubahan di pasar kerja dapat diindikasikan oleh perubahan penyerapan tenaga kerja lulusan sistem pendidikan SMK.

Perubahan keterampilan yang diperlukan oleh pasar kerja sudah berbasis pengetahuan (knowledge based society and economy) yang terbuka (digital) dan bertumpu pada persaingan bebas. Untuk itu dibutuhkan SDM yang memiliki soft skill dan hard skill. SMKN 4 Jakarta pun berusaha semaksimal mungkin untuk menjawab tantangan tersebut.

Acara ini di mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB dan di awali dengan Sambutan Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Utara, Bapak Drs. Momon Sulaeman M.Pd,.M.Si. dilanjutkan dengan Seminar dengan sasaran kelas XII. Acara ini diikuti oleh 16 perusahaan, 9 sekolah, pencari kerja sebanyak ±500 orang dan para alumni yang mencari pekerjaan. Kegiatan Job Fair ini dibuka untuk umum dan gratis siapa saja boleh berpartisipasi untuk memeriahkan kegiatan ini terlebih yang sedang mencari pekerjaan.

Perusahaan yang bergabung dalam kegiatan ini, antara lain PT. JIAEC Top Karir, PT. Paragon Technology & Innovation, PT. Alfamart, PT. Indomarco Prismatama, PPKD Jakarta Utara, PT. Swalayan Sukses Abadi, PT Champ Resto Undo, PT. Advan, Auto Glaze, PT. Pegadaian, PT. Wijaya Machinery Perkasa, PT. Mega Setia, Valdo Inc, dan PT. Farika Beton

Adapun sekolah yang diundang diantaranya SMK PGRI 11 Jakarta, SMKN 49 Jakarta, SMKN 36 Jakarta, SMKN 12 Jakarta, SMKN 33 Jakarta, SMKN 1 Jakarta, SMK Perguruan Cikini, SMK AL-Khairiyah, dan SMK Tanjung Priuk 2.

Untuk rekrument PT. Paragon Technology & Innovation dilaksanakan selama 2 hari yang diadakan di Sport Center SMKN 4 Jakarta, dimulai pada hari Rabu, 11 September 2019 dengan jumlah peserta 72. Yang berhasil lolos berjumlah 14 orang. Hari Kamis, 12 September 2019 terdapat 240 peserta yang mendaftar di PT. Paragon Technology & Innovation.

Selain diadakan rekrument oleh perusahaan, acara ini juga diadakan seminar yang diikuti oleh siswa-siswi kelas XII sebanyak 78 siswa dari berbagai jurusan. Seminar ini diadakan dengan 2 tema, yang pertama bertemakan “Kiat – Kiat Memasuki DU/DI” yang dibawakan oleh Bapak Budi Setyadi dari Lulu Hypermart. Dan yang kedua bertema tentang “Menitik Karir di Dunia Maya”  yang dibawakan oleh Ibu Vicke Novianti dari Top Karir.

“Alhamdulillah, 5 kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, ada beberapa alumni yang turut hadir dalam acara ini.” ucap Bu Suci Melani Selaku Ketua Pelaksana Job Fair di SMKN 4 Jakarta.

“Job Fair nya bagus, jadi saya melihat sudah dipersiapkan dengan cukup matang. Mungkin tinggal ditambah dengan sosialisasi pesertanya saja, jadi biar pesertanya tambah banyak yang datang.” Menurut Bapak Hengki dari PT. Farika Beton.

“Sangat bagus, apalagi untuk kalangan yang belum memiliki pekerjaan. Disini kita mendapatkan sebuah wadah yang ada disalah satu sekolah di Jakarta Utara, dengan adanya acara ini kita lebih mudah untuk mendapatkan atau mencari suatu pekerjaan yang ada di sekitar sini”. Ucap salah seorang tamu yang mencari pekerjaan.

Disamping acara Job Fair juga ada acara pameran produk kreatif dari setiap jurusan di SMK N 4 Jakarta. Produk yang dipamerkan sebanyak 24 produk diantaranya  Running Teks, Vektor, Bangku Unik, Meja Tamu, Roda Gigi, Miniatur TPL, Alat Bakar, Radio Jadul, Mesin Laser, Try Pendingin dan produk lainnya. Berbagai produk dari setiap jurusan dipamerkan untuk menarik minat para pembeli. (Raihan/ April)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

X