Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Kemeriahan Festival Expo SMK dan Job Matching Menjadi Pusat Perhatian Pelajar di DKI Jakarta

Kemeriahan Festival Expo SMK dan Job Matching Menjadi Pusat Perhatian Pelajar di DKI Jakarta

KIR 4, Jakarta SMK adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang disiapkan untuk bekerja atau berwirausaha. SMK terdapat banyak program keahlian seperti Teknologi, Bisnis dan Manajemen, Pariwisata dan berbagai program keahlian lainnya.

Senin, 19 Agustus 2019 telah diadakan pameran di Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang beralamat di Jl. Jenderal Gatot Subroto No.Kav 40-41, Kuningan, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950, kegiatan pameran ini meliputi Job Matching dan SMK Expo yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 19-20 Agustus 2019. Bapak Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta turut berpartisipasi untuk meresmikan kegiatan ini.

Sebanyak 78 sekolah jenjang SMK Negeri yang berada di DKI Jakarta ikut memeriahkan produk kreatif masing-masing yang menjadi unggulan. Ditambah dengan sekitar 70 perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja dan dihadiri oleh hampir 1400 tenaga kerja. Kepala sekolah SMKN 4 Jakarta Bapak Diding Wahyudin, S.Pd, M.Si. sebagai panitia kegiatan tersebut. Beliau sangat senang karena kegiatan ini menjadi wadah untuk SMK terutama dibidang keahlian masing-masing jurusan dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi produk di sekolah tersebut. Berharap kegiatan ini menjadi berkelanjutan di tiap tahun.

Tampak ramai dari berbagai pelajar SMP dan SMK yang siap berpartisipasi memeriahkan acara tersebut. “Ini kegiatan pertama kali saya ikut dalam pameran yang diadakan di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, sangat senang bisa melihat berbagai produk kreatif hasil masing-masing sekolah, unik dan keren” ujar salah satu peserta dari SMKN 4 Jakarta. Tujuan pameran ini dilakukan untuk mengembangkan inovasi para pelajar SMK yang disiapkan untuk bekerja dan berwirausaha, tak hanya itu keberadaan Job Matching sangat bermanfaat untuk memfasilitasi pencari kerja dengan dunia industri yang sedang membuka lowongan kerja. Beberapa sekolah yang mengikuti adalah SMKN 4 Jakarta dan SMKN 26 Jakarta. SMKN 4 Jakarta memamerkan Mesin Bordir Otomatis dan Radio Kayu. Sedangkan SMKN 26 Jakarta memamerkan Literasi Berjalan, Arduino Osiloskop, serta produk kreatif lainnya.

“Baik kegiatan Job Matching dan SMK Expo memberikan nuansa yang seimbang di mana ada keterkaitan satu sama lain” Job Matching memberikan informasi bagi siapa saja yang membutuhkan pekerjaan sesuai jurusan di waktu pendidikan SMK dan Expo sebagai tempat mempertunjukan hasil produk kreatif dari sekolah tersebut, ujar salah satu guru yang menjadi undangan ke acara tersebut. Acara ini juga menampilkan bakat dari masing – masing sekolah. Bakat yang ditampilkan antara lain Menyanyi, Menari, dan lain – lain. (Rayhan dan Siti)

Tinggalkan Balasan

X