Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Kejuaraan Olahraga Tradisional Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara 2019

Kejuaraan Olahraga Tradisional Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara 2019

KIR4, Jakarta Di zaman yang milenial kini banyak para remaja khususnya pelajar melupakan permainan tradisional yang pernah populer di zaman 1990-an. Namun usaha Suku Dinas Olahraga untuk tetap melestarikan permainan tersebut dengan diadakannnya lomba yang akan diikuti oleh para pelajar, mungkin sebagian pelajar yang lain pernah melakukan permainan tradisional seperti sumpitan, dagongan, terompah, dan hadang. Salah satunya SMK Negeri 4 Jakarta berpartisipasi untuk mengikuti perlombaan tersebut yang berlokasi Gelanggang Olahraga Sunter (21/04/2019). Lomba ini diadakan oleh Suku Dinas Olahraga dengan  konsep permainan tradisional Indonesia. Lomba tersebut terbagi menjadi beberapa jenis yaitu lomba dayung, terompah panjang, hadang, dagongan, sumpitan, dan enggrang. Lomba tersebut diadakan selama satu hari.

Persiapan yang dilakukan SMKN 4 sebelum perlombaan yaitu dengan latihan dan diadu antara siswa dengan siswi. Latihan ini dilakukan ketika jam pelajaran olahraga dan dispensasi. Dalam pelaksanaan lomba siswa siswi SMKN 4 mendapat beberapa juara yang diantaranya Juara 1 Sumpitan, juara 1 Terompah Panjang putri, juara 2 Terompah Panjang putra, juara 3 Hadang, juara 3 Enggrang. “Oh bagus, olahraga yang diadakan oleh suku dinas ini untuk mengembangkan bakat anak-anak dan kita membangun kembali permainan-permainan tradisional yang telah ada dan sempat hilang, dengan adanya lomba-lomba tradisional ini kembali mengenang dan mengembangkan budaya kita yang telah ada sejak dulu” Ungkap Bu Sri Lestari guru olahraga SMKN 4 sekaligus pelatih mengenai lomba tersebut.

Kita berharap semoga bisa ke tingkat nasional, sekarang kita sedang mempersiapkan untuk tingkat DKI target kita sumpitan ke nasional harapan Bu Sri Lestari kedepannya terkait perlombaan tersebut. Setelah perlombaan selesai sempat menemui peserta perwakilan dari SMKN 4 yang bernama Aditya dengan rasa bangga memberikan kesan-kesan setelah perlombaan selesai “Lomba olahraga tradisional ini sangat baik dan menyenangkan”. Selain menyehatkan badan,  olahraga tradisional ini juga melestarikan olahraga budaya yang kita miliki di Indonesia dan mengenalkan kepada seluruh pelajar, karena banyaknya budaya luar yang masuk di Indonesia sehingga para pelajar lebih menyukai budaya luar yang masuk di Indonesia. Semoga dengan di adakannya lomba olahraga tradisional ini bisa membuat para pelajar melestarikan budaya permainan tradisonal waktu dulu. (Nanda, Erland)

Tinggalkan Balasan

X