Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda

KIR 4, Jakarta – Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda merupakan hasil Kongres Pemuda Kedua yang dirumuskan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia atau kini dikenal sebagai Jakarta. Peristiwa ini menjadi satu tonggak penting dalam sejarah pergerakan nasional bangsa Indonesia.

Upacara yang diadakan di Lapangan Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara sebagai rasa Nasionalisme kita menjunjung semangat para pemuda. Tepat pukul 07.30 WIB upacara dilaksanakan mulai dari Bapak/Ibu yang bekerja di Walikota yang lengkap memakai seragam korpri, dan siswa-siswi memakai seragam putih abu-abu dan pramuka(26/10/2017). Para undangan seperti siswa-siswi dari SMA di Jakarta Utara yang telah ditunjuk untung mengikuti upacara. Upacara yang berlangsung sebagai Inspektur Upacara yaitu Bapak Drs.Husein Murad, M.Si  Beliau Walikota Jakarta Utara. Turut menjadi pengisi acara yang telah ditugaskan oleh Bapak Waikota seperti pasukan Paskibraka Jakarta Utara, Marching Band dari SMK Negeri 4 Jakarta, dan Paduan Suara dari SMA Tarakanita 2. Tak disangka kali ini SMK Negeri 4 Jakarta mendapat kesempatan kedua untuk bertugas sebagai pengiring jalannya upacara.

Dari amanat yang dibacakan oleh Inspektur Upacara “Delapan Puluh Sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, daerah Kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalnaan sejaran bangsa Indonesia. Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945.

Sumpah pemuda dibacakan di arena kongres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah. Jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres yang berasal dari pulau-pulau terjauh Indonesia. Secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah. Dari belahan barat Indonesia, teradat nama Mohammad Yamin. Seorang pemuda kelahiran Sawah Lunto Sumatera Barat yang mewakili organisasi pemuda Sumatera, Jong Sumatranen Bond. Dari belahan Timur Indonesia, kita menemukan pemuda bernama JOhannes Leimena, kelahiran kota Ambon Maluku, mewakili organisasi pemuda Jong Ambon. Ada juga Katjasungkana dari Madura, ada juga Cornelis Lefran Senduk, mewakili Organisasi pemuda Sulawesi, Jong Celebes” amanat ini disampaikan oleh Bapak MENPORA.

“Tim Marching Band SMK 4 bersyukur dipercayakan kembali tampil dengan baik melaksanakan tugasnya mengikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda, semoga tiap peringatan Hari Besar sekolah SMKN 4 selalu diberikan kesempatan untuk menjalankan tugas sebaik mungkin” Ujar Bapak Yudi sebagai Pembina Seni saat diwawancarai selesai upacara. “Saya bangga bisa ikut melaksanakan tugas terutama kami dari tim Marching Band bisa menampilkan dengan baik sudah senang, pengalaman ini sangat tak bisa dilupakan terutama bisa berfoto bareng dengan Bapak Walikota Jakarta Utara. (Asep)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X