Beranda » Kabar SMK » Berita » Pembekalan On-Learning Pengembangan Kompetensi Guru Berkelanjutan (PKB)

Pembekalan On-Learning Pengembangan Kompetensi Guru Berkelanjutan (PKB)

Dalam rangka pelaksanaan Revitalisasi SMK dengan tujuan untuk meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (P4TK BMTI) sebagai UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan On The Job Learning (On-1) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru Produktif SMK melalui Diklat Guru SMK Revitalisasi.

Pembekalan On-1 telah dilaksanakan di SMK Negeri 4 Jakarta dengan pendamping dari Widyaiswara P4TK BMTI Bandung ; Drs. Tatang Taslimuharom, MPd. Dan Widiyanto,ST.,MT. . peserta PKB On dari SMK Negeri 4 Jakarta Sebanyak 28 Guru yang Terdiri dari :

  1. Teknik Audio Video ( 2 Orang Guru)
  2. Teknik Elektronika Industri ( 7 Orang Guru)
  3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( 4 Orang Guru)
  4. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif ( 4 Orang Guru)
  5. Teknik Pemesinan ( 2 Orang Guru)
  6. Teknik Pengelasan ( 3 Prang Guru)
  7. Desain Permodelan dan Informasi Bangunan ( 6 Orang Guru)

Dalam Kegiatan Pembekalan yang dilaksanakan hari Jumat, 21 September 2018 peserta diberikan materi penjelasan dan arahan tentang ; Tata cara On- learning , sistem belajar , Tugas Teori , Tugas Parktik dan laporan Praktik, yang harus di lakukan oleh Guru dalam menyelesaikan pembelajaran secara during dari tanggal 20 september sd tanggal 13 Nopember 2018. Pembelajaran On-Learning PKB akan berlangsung selama 40 JP disekolah masing-masing .

Ada 3 pendekatan /Strategi pembelajaran Tahap On-Learning  yang berbeda yang akan dipelajari peserta:

  1. Belajar mandiri dengan menggunakan materi yang ada pada system yang dikembangkan oleh Ditjen GTK, atau
  2. Belajar mandiri dengan menggunakan materi yang ada pada system yang dikembangkan oleh P4TK BMTI, atau
  3. Belajar mandiri dengan menggunakan materi dalam format PDF.

Pendekatan pertama dilakukan oleh peserta yag sudah dapat Login ke system PKB yang dikembangkan secara Nasional oleh Ditjen GTK. Sedangkan pendekatan kedua bagi peserta yang belum dapat Login ke system yang dikembangkan oleh Ditjen GTK, dan pendekatan ketiga bagi peserta yang sama sekali tidak dapat login ke kedua system tersebut.

Guru-guru SMK N 4 Jakarta sangat semangat dalam mengikuti dan melaksanakan pembelajaran On-Learning, walaupun dilaksanakan di hari libur tetap masuk unutk belajr bersama dengan rekan-rekan sejawatnya dalam mengerjakan tugas.

Semoga dengan Pembelajaran ini guru-guru SMK N 4 Jakarta memeiliki kualitas kompetensi meningkat dan setara dengan Kualifikasi Kompetensi Level 4 .

SMK   hebat …..!!

SMK Bisa …..!!!!

SMK N 4 Jakarta ..Paling Bisa …!!!!

(News writer: Lunarco D’caprio)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

X