Beranda » Kabar SMK » Berita » Kunjungan Expo Campus 2018 ke SMK Negeri 4 Jakarta

Kunjungan Expo Campus 2018 ke SMK Negeri 4 Jakarta

EXPO CAMPUS 2018 – Pada tanggal 20 Januari 2018, tepat di hari Sabtu telah terlaksana kegiatan “EXPO CAMPUS 2018” yaitu kegiatan mengenai sosialisasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang meliputi Universitas, Institut, Politeknik dan Perguruan Tinggi Kedinasan. Pada kegiatan ini pula terdapat sosialisasi mengenai jalur-jalur untuk masuk PTN tersebut diantaranya SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, PMDK & UMPN serta informasi mengenai beasiswa di perkuliahan dan motivasi untuk kuliah bagi siswa/i SMK N 4 Jakarta kelas XII.

EXPO CAMPUS 2018 dilaksanakan oleh pihak sekolah SMK N 4 Jakarta selaku yang menginformasikan ke seluruh siswa kelas XII dan yang memfasilitasi peralatan, tempat dan waktu. Selain itu, para alumni dengan tahun lulus 2016 dan 2017 yang sekarang sedang menjadi mahasiswa di beberapa universitas yang menamakan dirinya sebagai alumni dari “PEJUANG PTN SMK N 4 JAKARTA” juga turut ikut serta dalam kegiatan ini menjadi panitia. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa/i SMK N 4 Jakarta kelas XII.

EXPO CAMPUS 2018 merupakan kegiatan sosialisasi PTN kedua dengan para alumni yang sekarang berstatus mahasiswa yang menjadi panitianya, setelah di tahun sebelumnya juga terdapat kegiatan seperti ini dengan nama yang berbeda yaitu “HELLO CAMPUS 2017”.

Pada EXPO CAMPUS 2018 ini, kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dengan dipandu oleh pembawa acara dari alumni. Pada kegiatan ini dimulai dengan agenda sosialisasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu penjelasan umum dan perbedaan dari Universitas, Institut, Politeknik & Perguruan Tinggi Kedinasan.

Setelah itu, agenda mengenai sosialiasi jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Agenda pertama yairtu mengenai jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang menjelaskan mengenai penjelasan umum, alur pendaftaran dan cara agar lulus SNMPTN. Agenda kedua yaitu sosialisasi mengenai jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang menjelaskan mengenai cara pendaftaran, cara mengisi soal dan cara agar lulus SBMPTN. Agenda ketiga yaitu sosialisasi  mengenai jalur Ujian Mandiri yang menjelaskan kurang lebihnya sama seperti SBMPTN dengan beberapa perbedaan dikarenakan Ujian Mandiri dilaksankan oleh masing-masing PTN, tidak seperti SBMPTN yang dilaksanakan secara nasional. Agenda keempat yaitu sosialisasi mengenai jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dan UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) yang menjelaskan kurang lebih sama dengan SNMPTN dan SBMPTN dengan perbedaan PMDK dan UMPN untuk Politeknik, sedangkan SNMPTN dan SBMPTN khusus untuk Universitas dan Institut.

Selanjutnya, agenda mengenai informasi beasiswa atau bantuan dana pendidikan. Agenda pertama ini dijelaskan sosialisasi mengenai bantuan dana pendidikan KJMU (Kartu Jakarta Mahasiswa Unggulan) yang menjelaskan mengenai penjelasan umum, alur pendaftaran, penggunaan dana dan sebagainya, begitu halnya dengan agenda kedua yaitu sosialisasi mengenai banduan dana pendidikan BIDIKMISI (Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi).

Terakhir, agenda mengenai informasi sekolah kedinasan dalam hal ini STIP Jakarta (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta) oleh alumni yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi kedinasan tersebut dan juga motivasi untuk kuliah oleh pihak sekolah dari mulai bagaimana meyakinkan diri sebagai siswa/i SMK untuk kuliah, memilih program studi di perguruan tinggi negeri, biaya kuliah dan sebagainya.

Kegiatan EXPO CAMPUS 2018 ini ditutup dengan sesi tanya-jawab antara peserta kegiatan dan narasumber serta pembagian hadiah bagi peserta kegiatan yang dapat menjawab beberapa pertanyaan dari panitia EXPO CAMPUS 2018. “Acara yang sangat informatif. Terutama bagi kami para siswa kelas XII yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri tetapi kebingungan dengan sistem dan prosedur yang akan dijalankan untuk dapat masuk keperguruan tinggi negeri” Ucap Abdul Rohman kelas XII TKJ. Saya berharap dari adanya kegiatan ini, jumlah siswa yang masuk perguruan tinggi negeri bisa bertambah dan bisa lebih berprestasi lagi. (Qois)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X