Beranda » Kabar SMK » Berita » Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

KIR 4, Jakarta – Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila berlangsung di lapangan SMK Negeri 4 Jakarta oleh Pasukan Pengibar Bendera (2/10/2017). Mereka dengan rasa hormat menjalankan sebuah kepercayaan untuk menaikan Sangsaka Merah Putih dan diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh tim Marching Band. Upacara terlaksana dengan khidmat yang diikuti oleh seluruh warga SMK 4, yang menjadi Inspektur Upacara adalah Bapak Dedi, S.Pd, M.Si. Amanat yang disampaikan dalam pembacaan Ikrar “Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangan waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara; Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila , Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia” dalam kutipan Ikrar oleh Wakil Ketua DPR RI Bapak H.Fahri Hamzah,S.E. “Hari Kesaktian Pancasila adalah hari peringatan peristiwa G30S/PKI, di mana saat itu terjadi aksi keji pembunuhan para Jenderal, seperti DI Panjaitan, Ahmad Yani, MT Haryono, S. Parman, Soeprapto, dan Sutoyo Siswomiharjo.Pemerintah Orde Baru diketahui menjadikan Partai Komunis Indonesia (PKI) sebagai ‘dalang’ dari peristiwa mengenaskan tersebut” ucap Anshar selah satu pasukan paskib saat ditanya arti Hari Kesaktian Pancasila.

Selesai upacara pihak OSIS mengumumkan pemenang lomba PAI yang diadakan oleh SUDIN Jakarta Utara dan Olahraga yang berlangsung seminggu yang lalu. SMKN 4 Jakarta mendapatkan 3 piala PAI dan 2 olahraga. Para pemenang adalah siswa-siswi yang terbaik dan bisa mengharumkan SMK 4. Berikut nama pemenang ; Janu juara Anggoro 2 MHQ Putra, Putri Weni juara 3 MHQ Putri, dan Lukman Hakim juara 2 MTQ Putra sedangkan untuk olahraga bidang lomba Tolak Peluru bernama Zidan mendapat mendali.(Asep)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X