Beranda » Kabar SMK » Berita » PELAKSANAAN LKS TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA-XXIV(Hari Pertama)

PELAKSANAAN LKS TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA-XXIV(Hari Pertama)

Rabu, 02 Maret 2016
JAKARTA, KIR4 – Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Tingkat Provinsi DKI Jakarta ke 24 mulai diselengarakan pada hari Rabu, 02 Maret 2016. Seluruh siswa-siswi yang terpilih mewakili sekolahnya akan saling berkompetisi untuk memperebutkan gelar juara dan mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam LKS Tingkat Nasional di Malang, Jawa Timur.

Bidang keahlian yang dilombakan hari diantaranya Production Machine, Refrigerasi yang bertempatkan di Pusat Pelatihan Pendidikan Kejuruan (PUSLATDIKJUR) Pulogadung Jakarta. Web Design, Software Application, Networking Support di PUSLATDIKJUR Jakarta Pusat, dan Briklying di SMK Negeri 1 Jakarta. Siswa-siswa yang mewakili SMK Negeri 4 Jakarta dalam bidang keahlian tersebut diantaranya Erdwin Ahmad Irfan (Production Machine), Ilham Bachtiar Setiyaji (Refrigerasi), Wahyu Agung Maulana (Web Design), Abdulloh (Software Application), Andika Prayoga (Software Application), Shohalul Hadi (Networking Support), Tri Hartono (Briklying), dan Tito Telu Winanto (Briklying).

Ruang praktik bubut di PUSLATDIKJUR Pulogadung Jakarta menjadi ruang dilaksanakannya mata lomba bidang Production Machine. Suasana didalam ruangan terasa begitu bising dikarenakan suara-suara mesin yang dioperasikan. Namun, hal itu tidak membuat konsentrasi seluruh peserta hilang. Mereka tetap konsentrasi dengan pekerjaannya masing-masing. Suasana serupa juga terasa diruang praktik instalasi tenaga listrik yang menjadi ruang dilaksanakannya mata lomba bidang Refrigerasi. Hal itu berbanding terbalik dengan suasana di PUSLATDIKJUR Jakarta Pusat dan SMK Negeri 1 Jakarta. Tidak ada kebisingan suara mesin yang terdengar. Hanya ada suara-suara ketikan keyboard yang berasal dari ruang lomba dibidang Web Design, Software Application, serta Networking Support dan suara adukan semen di ruang praktik konstruksi batu beton SMK Negeri 1 Jakarta untuk mata lomba bidang Briklying.

Untuk menambah semangat dan motivasi peserta, SMK Negeri 4 Jakarta mengirim ketua dan wakil ketua kelas XI dari seluruh jurusan untuk menjadi supporter dan mendukung teman-temannya yang sedang berjuang mengharumkan nama baik sekolah.

Mata Lomba Bidang IT

Mata lomba bidang Web Design dan Software Application termasuk bidang yang berkaitan dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Meskipun SMK Negeri 4 Jakarta tidak memiliki jurusan rekayasa perangkat lunak, bukan berarti SMK Negeri 4 Jakarta tidak berpartisipasi dalam lomba tersebut. Wahyu Agung Maulana, Abdulloh dan Andika Prayoga yang mewakili SMK Negeri 4 Jakarta dalam bidang tersebut membuktikannya. Mereka tak mau kalah bersaing dengan SMK lain yang memiliki jurusan RPL.

Aplikasi yang digunakan dalam lomba dibidang Web Design adalah Adobe Dreamweaver, yang merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems. Untuk lomba dibidang Software Application menggunakan aplikasi Microsoft Visio 2013, sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir, dan skema jaringan.

Kesulitan dalam membuat suatu web ialah banyaknya script-script yang harus dipahami dengan baik. Selain itu, imajinasi dan kekreativitasan juga dibutuhkan dalam pembuatan web. “Sebenarnya sih engga terlalu sulit untuk memahami script-scriptnya. Kan scriptnya pake bahasa Inggris jadi tinggal diartikan saja.” ungkap Wahyu.

Sama halnya dengan pembuatan web, dalam penggunaan Microsoft Visio 2013 dibutuhkan pemahaman script-script dan logika. “Aplikasinya sama seperti Microsoft Visual Basic, hanya ada beberapa fitur saja yang berbeda.” ujar Andika. “Kami mohon do’a dan dukungan dari teman-teman SMK Negeri 4 Jakarta, khususnya untuk jurusan TKJ, agar kami bisa mendapatkan juara.” (AriefAl)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X