Beranda » Kabar SMK » Berita » Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015

Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015

Jakarta, Smkn4jkt – Guru memiliki posisi strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Pencanangan guru sebagai Profesi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 4 Desember 2004, memperkuat peran guru dalam pelaksanaan Pendidikan. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen secara eksplisit mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru secara berkelanjutan sebagai aktualisasi dari sebuah profesi pendidik. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dilaksanakan bagi guru, baik yang sudah bersertifikasi maupun belum berssertifikat.

Berkaitan dengan program tersebut , pemetaan kompetensi yang secara detail menggambarkan kondisi objektif guru dan merupakan infromasi penting bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait dengan materi dan strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta guru tersebut diperoleh melalui Uji Kompetensi Guru (UKG).

Dalam rangka Pemetaan kompetensi guru, khususnya ranah pedagogik dan ranah profesional pada bidang atau mata pelajaran sesuai sertifikat pendidik atau mata pelajaran yang diampu, dan pemenuhan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tentang kompetensi guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud diselenggarakan UKG terhadap 3.015.315 Guru seluruh Indonesia . Yang dilaksanakan pada tanggal 9 Nopember s.d. 19 Nopember 2015.

UKG dilaksanakan di TUK ( tempat Uji Kompetensi) yang ditunjuk oleh Sudin dan LPMP yang telah memenuhi syarat untuk tempat ujian (TUK). Terdapat 120 TUK di Provinsi DKI Jakarta yang memenuhi syarat sebagai pelaksana UKG. Dengan Jumlah Peserta DKI Jakarta 75.417 Guru yang tersebar di 5 wilayah, untuk Wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara 11.737 Guru.

SMK Negeri 4 Jakarta yang merupakan salah satu TUK di wilayah Jakarta Utara sebagai tempat Ujian untuk Guru-Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK yang berada /tempat tugas dekat dengan sekolah tersebut yaitu sebanyak 418 Peserta . Namun Yang mengikuti sebanyak 398 Guru.

UKG di SMK N 4 Jakarta dimulai hari Selasa Tanggal 10 Nopember 2015 sampai dengan 17 Nopember 2015 , dibuka Oleh Kepala Sekolah SMK N 4 Jakarta Drs. KHOLIL, Msi. Sebagai koordinator lokasi , dengan pengawas Ujian dari Sudin Wilayah Kepulauan Seribu Drs. Suharmaji dan dari LPMP Bpk Aris.

Hasil UKG diharapkan mampu mencapai Target minimal Rata-rata tahun ini yaitu 55 dan selanjutnya diharapkan untuk tahun berikutnya selalu terus meningkat hingga mencapai Target Nilai UKG ditahun 2019 yaitu 80. Jumlah Benar dan salah pada UKG kali ini belum merupakan nilai yang sebenarnya , karena penilaian UKG ada kriteria pembobotannya yang akan diolah oleh LPMP di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk itu tingkatkan kemampuan Pedagogik dan Profesional agar sebelum Tahun 2019 nilai UKG sudah mencapai target yang diharapkan Pemerintah. (Erwan Lunarko)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SMKN4JKT.sch.id dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SMKN4JKT.sch.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

SMKN4JKT.sch.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

X