Pelaksanaan PAT Daring

Jakarta, Ujian secara Daring di SMK Negeri 4 Jakarta sudah dilaksanakan semenjak diberlakukannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Setelah melaksanakan Pembelajaraan Daring (PJJ) selama Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 ini, SMK Negeri 4 Jakarta kembali melaksanakan ujian secara daring yaitu Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk kelas X dan XI pada tanggal 7 s.d. 11 Juni 2021.

Persiapan yang telah dilakukan panitia dalam melaksanakan PAT Daring ini, mulai dari pendataan jumlah siswa dan gawai yang dimiliki untuk mengikuti PAT, penyiapan aplikasi bagian IT, pembuatan soal oleh masing-masing guru mata pelajaran, input dan mengunggah soal dari guru.

Untuk mendukung kesiapan server, dilakukan pula Uji Coba PAT Daring yang diselenggarakan sebelumnya serentak untuk kelas X dan XI pada tanggal 4 Juni 2021. Uji Coba PAT dilakukan untuk menguji kesiapan dan kekuatan server, menguji kevalidan data, serta tata tertib, dan sistem pengawasan guru terhadap siswa.

PAT daring ini dikelola oleh Tim IT, enam orang Proktor, serta Wali Kelas X dan XI. Segala kontak dan komunikasi dengan Proktor/Wali Kelas dilakukan secara daring via Whatsapp Group. Bagi siswa yang mengalami kendala teknis, sekolah menyediakan bantuan perangkat dan koneksi internet selama PAT Daring bilamana dibutuhkan.

Pelaksanaan PAT secara daring di SMK Negeri 4 Jakarta tetap berkomitmen dan berusaha untuk tetap berprinsip pada sportivitas, kredibilitas, dan akuntabiltas dalam pelaksanaan PAT Daring, dengan menerapkan tata tertib sebagaimana pelaksanaan PAT tahun pelajaran sebelumnya.

Selamat menempuh Penilaian Akhir Tahun (PAT) Pelajaran 2020/2021 untuk peserta didik kelas X dan XI, meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), diharapkan kegiatan ini dapat menjadi pendorong semangat belajar dan beradaptasi bagi para siswa dalam melaksanakan berbagai kegiatan daring yang berlangsung selama masa pandemi. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, kelancaran dan kesuksesan. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

X