Beranda » Kabar SMK » Berita » Kegiatan siswa » Orientasi Latihan Dasar Kepramukaan 2019 Siswa SMKN 4 Jakarta di BUPERTA Cibubur

Orientasi Latihan Dasar Kepramukaan 2019 Siswa SMKN 4 Jakarta di BUPERTA Cibubur

KIR 4, Jakarta – Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Kegiatan inilah yang menjadi rutinitas di SMK Negeri 4 Jakarta di mana memperkenalkan pramuka bagi peserta didik baru setelah resmi menjadi warga SMKN 4.

Perjusa (perkemahan Jumat dan Sabtu) sebutan kegiatan pada saat ini, tepat pada tanggal 23-24 Agustus 2019 telah berlangsung kegiatan pramuka yang berlokasi di Cibubur. Peserta yang dominan dari seluruh kelas X yang mewakili pada tiap jurusan masing-masing. Para guru seperti pembina ekstrakurikuler pun ikut terlibat menjadi panitia di kegiatan tersebut. Setelah para peserta sampai di lokasi Cibubur kegiatan Apel pun segera dimulai dengan pembina upacara oleh Bapak Yudy Kardi “ Kegiatan pramuka ini terutama para peserta harus mengikuti dengan baik acara yang sudah tersusun dengan baik selama 2 hari” ucap kutipan sambutan di waktu Apel. Pramuka ini anggap saja kita sedang belajar di luar ruangan  kembali suasana alam, diharapkan semua peserta mengikuti sesuai dengan aturan yang telah disepakati.

Bukan hanya pembina yang terlibat, namun para ekstakurikuler dari pramuka ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan tersebut. Tujuan dalam kegiatan orientasi kepramukaan yaitu Untuk membentuk karakter, akhlak, atau kepribadian yang mulia dalam generasi muda dan menanamkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa, dalam diri generasi muda. Narasumber yang terlibat dalam acara kegiatan pramuka adalah orang-orang yang profesional seperti Ka Eko, Ka Amelia, dan Ka Asep mereka sudah sering menjadi narasumber atau isi materi di kegiatan pramuka.

Puncak acara di malam sekitar pukul 21.00 WIB para peserta membuat lingkaran besar dan anggota pramuka siap melakukan upacara untuk menyalakan api unggun. Tiap anggota pramuka membawa lilin untuk menyalakan sambil mengucapkan  Dasa Darma, Pramuka:

  1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil dan gembira.
  7. Hemat, cermat dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.

Dengan kompak anggota pramuka tersebut melemparkan lilin yang mereka bawa ke arah api unggun dan menyala lah. Selesai upacara dilanjutkan dengan penampilan dari masing-masing kelompok untuk menunjukan bakat atau yel-yel yang mereka buat. “Wah, kegiatan paramuka  ini sangat seru sekali, kita banyak diajarkan disiplin, berkerja sama, dan berpikir secara kritis untuk memecahkan masalah” ucap salah satu peserta yang bernama Alif.

Keesokan harinya dilanjutkan dengan olahraga bersama dan permainan game yang dibantu oleh kakak-kakak pramuka. Selesai kegiatan tersebut sekitar pukul 10.00 WIB acara selesai  kami pun mengadakan apel penutupan yang menjadi pembina upacara adalah Bapak Komarrudin “Kalian telah mengikuti kegiatan ini dengan baik, saya mengharapkan ilmu yang kalian dapat bisa diamalkan dan dipraktikan dikehidupan bermasyarakat” penggalan amanat dari Pak Komar. Selesai upacara anggota pramuka perwakilan dilantik menjadi Bantara. Para peserta kembali ke bus untuk pulang menuju sekolah sebagai titik kumpul saat berangkat dan pulang. (Raihan S)

Tinggalkan Balasan

X